Inikah Pelaku Penembakan MH17?

By nova.id, Senin, 21 Juli 2014 | 04:05 WIB
Inikah Pelaku Penembakan MH17 (nova.id)

Inikah Pelaku Penembakan MH17 (nova.id)

"Igor yang mengaku sebagai pelaku penembakan MH17 (foto: ABC Australia) "

TabloidNova.com - Adalah seorang pria bernama Igor Strelkov yang belakangan menghebohkan dunia karena mengaku sebagai pelaku penembakan pesawat Malaysia Airlines MH17 yang akhirnya jatuh dan meledak di kawasan Donetsk, dekat perbatasan Ukraina-Rusia, Kamis (17/7) silam. Igor diketahui sebagai tokoh separatis pro-Rusia. Di dunia maya pun, nama Igor selalu disangkutpautkan dengan tragedi yang merenggut 298 nyawa penumpang tersebut.

Di sosial media, kelompok separatis yang dipimpin Igor mengaku tak sengaja menembak pesawat MH17. Awalnya, mereka mengira bahwa pesawat MH17 adalah milik Ukraina yang melanggar area terbang mereka. Di media sosial juga Igor seperti telah mengakui bahwa dirinya dan anak buahnya telah melakukan aksi penembakan tersebut. Pernyataan Igor dimuat dalam sebuah situs media sosial milik Rusia bernama "VK".

"Kami baru saja menembak sebuah pesawat AN-26 di dekat Torez. Pesawat itu jatuh di sekitar area tambang," tulis sebuah akun  yang diyakini sebagai akun prbadi Igor. Pernyataan itu pun diperkuat dengan sebuah kicauan di twitter yang memiliki nama akun Republik Rakyat Donetsk. Kicauan itu berisi informasi bahwa sebuah bulk telah disita dari tentara Ukraina. Bulk sendiri diyakini sebagai alat untuk meluncurkan misil yang menembak MH17.

Keyakinan bahwa Igor lah pelaku penembakan pesawat MH17 ini diperkuat lagi dengan sebuah pernyataan di media sosial disertai video singkat yang menunjukkan saat-saat setelah MH17 meledak dan jatuh ke daratan dengan dipenuhi asap. Sayang, saat ini pernyataan tersebut telah dihapus dari dunia maya. Begini bunyi peringatan itu, "Kami telah memperingatkan Anda, jangan terbang di atas langit kami."

Yetta Angelina