Nadya Hutagalung Ajak Masyarakat Tolak Gading Gajah

By nova.id, Rabu, 23 April 2014 | 23:55 WIB
Nadya Hutagalung Ajak Masyarakat Tolak Gading Gajah (nova.id)

TabloidNova.com - Apa jadinya dunia tanpa gajah? Nadya Hutagalung, host acara Asia's Next Top Model yang juga ditunjuk sebagai WWF Elephant Warrior, punya pendapat sendiri mengenai menjaga keberadaan gajah. 

"Gajah merupakan salah satu rantai ekosistem mahluk hidup yang sangat penting. Jika kita tidak menyelamatkan kehidupan para gajah, kehidupan di dunia ini juga akan menjadi rusak," papar perempuan yang juga aktif sebagai Duta Global Earth Hour ini, saat kampanye Let Elephants Be Elephants di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (22/4).

Kampanye Let Elephants Be Elephants (LEBE) ini digagas Nadya bersama Dr. Tammie Matson, seorang ahli gajah dan penulis buku. Kampanye ini menjadi aksi nyata dalam meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara pertumbuhan permintaan gading gajah di Asia dengan ancaman berkurangnya populasi gajah di Afrika.

Kampanye LEBE menitikberatkan pada isu pertumbuhan permintaan gading gajah di Asia yang telah mendorong perburuan gajah. Sejak 2006, perburuan gajah meningkat ke titik tertinggi dalam beberapa dekade terakhir. Setiap harinya tercatat hampir 100 ekor gajah di Afrika dibunuh untuk diambil gadingnya. Dengan kondisi ini, beberapa penggerak konservasi memperkirakan gajah akan dinyatakan punah dalam waktu kurang dari dua dekade.

Kampanye LEBE ini diawali dengan peluncuran film dokumenter berjudul sama di kanal teve berbayar National Geographic, dan akan ditayangkan sepanjang April dan Mei untuk kawasan Asia. Tayangan berdurasi 30 menit ini mengajak Anda ke suatu perjalanan menyelamatkan gajah terakhir Afrika, dari peneliti gajah termasyhur hingga para ranger antiperburuan. Semua ini dilihat melalui kaca mata Nadya pada kunjungan pertamanya ke Afrika ditemani Dr. Matson.

Film dokumenter yang diproduksi oleh produser Ernest Hariyanto ini menyajikan fakta-fakta serta sejumlah temuan yang mematahkan mitos mengenai asal gading gajah, juga perubahan pola pikir tentang gading gajah yang dijual, serta akibat sebenarnya yang dialami para gajah. "Dari sebuah gelang indah yang terbuat dari gading gajah, tersimpan sejarah berdarah dari seekor gajah," tutur Dr. Tammie.

Let Elephants Be Elephant tayang perdana pada Rabu (23/4) pukul 18.00 WIB di National Geographic dan Jumat (25/4) pukul 09.30 WIB di NatGeo Wild. Kampanye LEBE mendesak masyarakat agar semakin sadar akan tindakan ilegal perburuan gajah, serta mengajak berpartisipasi dalam gerakan ini untuk menghentikan permintaan gading gajah melalui komitmen untuk menolak gading gajah melalui laman www.letelephantsbeelephants.org, serta berbagi video dan fakta dari situs ini melalui jejaring media sosial.

Intan Y. Septiani