Cara Menjual Produk Lewat Mobile Marketing

By nova.id, Selasa, 1 Oktober 2013 | 07:11 WIB
Cara Menjual Produk Lewat Mobile Marketing (nova.id)

Tahun 2012, user internet di Indonesia tercatat sejumlah 61 juta orang. Artinya, lebih dari 25 persen penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Begitu pula untuk pengguna smartphone yang pertumbuhannya amat pesat yakni sekitar 55 persen untuk tipe Android dan sisanya untuk Blackberry juga IOS.

Di tahun 2014 dengan target penetrasi 76 juta orang, sebanyak 63 persen di antaranya memakai mobile phone, termasuk smartphone. Melihat hal tersebut, mobile marketing adalah cara promosi yang efektif dan efisien yang kini banyak dipakai perusahaan atau pelaku bisnis (merchant) untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen lewat perangkat mobile (ponsel). Selain hemat tempat, waktu, juga memperkecil biaya promosi.

Hal serupa juga diungkapkan Erick Soedjasa selaku co-founder dari Shopin, sebuah aplikasi mobile yang menyediakan kupon diskon dan promosi berbagai produk barang dan jasa. Diakuinya berbelanja dengan cerdas dan cermat (smart shopper) sudah jadi bagian dari aktivitas masyarakat Indonesia, "Berbeda dengan situs daily deals lain, kami ingin mengenalkan pengalaman baru berburu penawaran dan promosi menarik secara gratis dengan cukup men-download lewat mobile phone. Bagi pelaku bisnis, tentu ini kesempatan untuk memperkenalkan produk jualannya."

Selama ini, jika bergabung dalam situs daily deals, para merchant yang sudah memberikan diskon besar, tetap harus membagi dua biaya yang dibayarkan oleh user dengan situs daily deals tempatnya berpromosi. Lambat laun tentu hal ini merugikan merchant. Di Shopin, transaksi pembayaran dilakukan user langsung di merchant. Kupon promosinya pun ada tiga jenis, yaitu yang sifatnya promosi, diskon, dan limited (misalnya, diskon hanya berlaku bagi 100 orang pertama yang berbelanja di merchant tertentu).

Dengan beragam kategori seperti food, fashion, electronic, education, health, wedding, beauty, travel, para merchant bisa langsung bekerjasama dengan Shopin. Tercatat, dalam tiga bulan terakhir sudah ada 100 merchant yang bergabung. Selain diverifikasi, merchant tersebut juga disurvei secara fisik, kualitas, lokasi, dan pelayanannya. Jadi, semua produk ritel dengan berbagai skala bisa bergabung.

Bagaimana cara merchant mendaftar?

-   Register terlebih dahulu di Shopin

-   Tim Shopin akan memverifikasi merchant melalui email dan juga disurvei

-   Setelahnya, merchant bisa langsung meng-upload kupon promosi yang ingin ditampilkan di laman Shopin

-   Proses upload kupon promosi ini juga bisa dibantu oleh tim Shopin

-   Dalam kurun waktu tiga hari, deal promosi Anda sudah tampil

Keuntungan bagi merchant antara lain: