Cara Kristoofer Memahami Tubuh Ashanty

By nova.id, Rabu, 25 September 2013 | 10:44 WIB
Cara Kristoofer Memahami Tubuh Ashanty (nova.id)

Cara Kristoofer Memahami Tubuh Ashanty (nova.id)

"Feronica Kristoofer (tengah). FOTO: ESTER/NOVA "

"Seleb sekarang enggak mau kalah dengan seleb luar negeri. Kalau dulu, sehabis nyanyi mereka pasti langsung pulang, kalau sekarang mereka bersosialisasi dulu," ujar Feronica Kristoofer, pemilik label busana Kristoofer, dalam suatu bincang-bincang di Benhil Cafe, Jakarta, Rabu (25/9).

Banyaknya stasiun televisi lokal juga membuat event yang melibatkan para selebriti tak hanya mengharuskan mereka menyanyi on air saja, tapi juga off air. Para seleb akan sering tampil dalam acara penghargaan bidang film atau musik, ulang tahun stasiun televisi, dan acara sosialita lainnya.

Hal itulah yang membuat kebutuhan akan busana yang "red carpet-ready" meningkat. Mereka berusaha tampil maksimal dan berbeda dari yang lain, dan kebutuhan ini tentunya tak bisa dipenuhi dengan membeli busana di department store atau butik desainer. Feronica melihat kesempatan ini dan berusaha memenuhinya.

"Mostly, seleb minta gaun yang custom-made (dibuat khusus untuk kebutuhan yang bersangkutan, Red. ), yang different, dan unik. Saya buat gaun yang beda dari toko supaya kelihatan itu buatan desainer, bukan mass production," tambah Feronica.

Salah satu selebriti yang sering mengenakan rancangan gaun Kristoofer adalah Ashanty. Istri Anang Hermansyah ini kerap memintanya merancang gaun untuk sesi pemotretan pribadi, show, dan perayaan-perayaan lainnya.

Menurut Feronica, membuatkan gaun untuk Ashanty memiliki tantangan tersendiri. Dijelaskannya, Ashanti mempunyai lekuk tubuh pear, kecil di bagian atas dan besar di bagian bawah.

"Lekuk tubuhnya bagus, pinggangnya dramatis, tapi harus hati-hati, bentuknya yang pear shaped enggak cocok untuk semua gaun."

Seleb lain yang juga sering mengenakan karya Kristoofer adalah Bunga Citra Lestari, Titi Kamal, girlband Cherrybell, Regina "Indonesian Idol", dan Miss Indonesia 2013 (dikenakan saat pembukaan pembukaan kontes kecantikan berlangsung, Red.). Saat menikah, istri  Delon "Indonesian Idol", Yeslin, juga mengenakan label pengantinnya Feronica, Kristoofer Sposa.

Bagi Feronica, tidak sulit menangkap keinginan para seleb ini, karena apa yang mereka butuhkan cukup disesuaikan dengan konsep acara yang akan dihadiri. Seperti tema pakaian dan warna, misalnya. Namun ada beberapa hal yang tak diloloskan Feronica begitu saja. Dua di antaranya adalah masalah cutting dan aplikasi.

Kalau ada seleb yang ngotot minta cutting tertentu, Feronica akan melihat dulu apakah gaun yang diinginkannya sesuai dengan bentuk tubuh Si Seleb atau tidak. Karena tidak semua orang memahami bentuk tubuhnya sendiri, dan kadang keinginan mereka tidak sesuai dengan bentuk tubuhnya itu. "Kalau bajunya jelek, kan, saya yang disalahin nantinya."

Begitu juga untuk aplikasi. Rancangan Feronica pada Kristoofer dan Kristoofer Sposa terkenal clean, tanpa banyak menggunakan aplikasi seperti beads, payet, dan Swarovski. Agar tetap terlihat mewah, Feronica mengakalinya dengan cutting yang unik dan permainan lace yang menimbulkan kesan 3D. Intinya, ia membiarkan kliennya bereksplorasi tapi tetap di bawah arahannya.

Sejauh ini, Feronica mengaku tidak pernah mengalami banyak kendala dalam memahami keinginan klien selebnya. Ke depan, ia ingin agar karyanya juga lebih dikenal masyarakat luas, tak hanya kalangan seleb saja. Ketika ditanya, siapa artis yang ingin sekali ia buatkan gaun, Feronica menjawab Anggun C Sasmi.