Rempah Timur Tengah

By nova.id, Kamis, 26 Juli 2012 | 10:27 WIB
Rempah Timur Tengah (nova.id)

Rempah Timur Tengah (nova.id)

"Foto: Ahmad Fadilah/NOVA "

1. Daun KariDi pasar, namanya salam koja. Sementara di Eropa disebut sebagai curry leaf. Biasa digunakan pada masakan berkuah santan seperti gulai atau kari dan menghilangkan aroma amis.

2 .Adas Manis Bentuknya lonjong dan sesuai namanya, rasa bumbu ini sedikit manis sekaligus beraroma khas. Biasanya bumbu penyedap ini dihaluskan bersama bumbu lainnya. Adas manis juga dipakai untuk kue kering dan dessert Timur Tengah.

3. Kayumanis Terlalu banyak memakai kayumanis akan membuat rasa makanan "tertutupi" aromanya yang tajam. Karenanya, untuk setiap masakan atau kue, gunakan 1 senti saja.

4. YoghurtMerendam daging atau ayam, misalnya untuk kebab, dengan yoghurt akan membuat daging lebih empuk dan lebih lezat.

5. ZaitunSi Hijau Asam ini sebenarnya dapat dimakan mentah layaknya buah. Lain lagi dengan zaitun tua yang biasanya diolah menjadi minyak zaitun (olive oil). Ada juga buah zaitun berbentuk acar dan biasanya berwarna hitam.

6. KetumbarButirannya memberikan sedikit rasa pedas sedangkan daunnya memberikan aroma khas. Biasanya digunakan dalam masakan kari beraroma tajam. Umumnya, dijual dalam bentuk kering, tapi bila ada, pilih ketumbar yang daging buahnya masih memiliki warna hijau.

7. Minyak SaminIstilah asingnya, ghee dan terbuat dari lemak hewani yang dimurnikan. Anda bisa menggunakannya untuk membuat olahan daging kambing. Aroma kambingnya dijamin lebih keluar dan lebih gurih.

8 . Biji PalaBerguna untuk menambah aroma lezat pada hidangan dan menghilangkan bau amis dari daging kambing, daging ayam, atau amis telur pada pembuatan kue. Pilih biji pala yang masih lembap supaya wanginya makin menggiurkan.

9.  Lada HitamBentuknya butiran hitam, kecil, keras, permukaannya keriput, dan rasanya pedas sekali. Lada hitam lebih enak jika ditumbuk kasar supaya aroma dan rasanya sempurna.

10 . KapulagaKapulaga putih digunakan untuk masakan sedangkan kapulaga hitam untuk kue dan minuman. Aromanya yang menyengat sangat pas untuk masakan berbumbu tajam seperti nasi biryani atau gulai kurma. Di Indonesia, masakan Padang sering menggunakan kapulaga putih.

11.  JintanNama lainnya cumin dan mirip adas manis tapi lebih halus dan lebih gelap. Jintan lebih tahan lama kalau disangrai dan dimasukkan ke dalam wadah kedap udara setelah dingin.