Sosok Chrisye Di Mata Gita Gutawa

By nova.id, Rabu, 14 Maret 2012 | 20:14 WIB
Sosok Chrisye Di Mata Gita Gutawa (nova.id)

Jelang konser Kidung Abadi Chrisye, Gita Gutawa tampak antusias. Gita mengaku sangat mengagumi musisi legendaris itu. Berikut petikan wawancara dengan Gita Gutawa.

 Sosok Chrisye dari sudut pandang Gita Gutawa secara personal?

Almarhum om Chrisye adalah seorang figur yang sangat penting sekali dalam dunia musik Indonesia dan juga dalam karir bermusik saya. Saya jatuh cinta sama musik, salah satunya adalah karena saya dari kecil sering ikut papa saya kerja, untuk latihan dan rekaman. Tahun 94, waktu itu saya umurnya masih 1 tahun, saya sudah diajak untuk nonton om Chrisye latihan untuk konser pertama beliau, waktu itu konser Sendiri.

Semenjak itu, saya juga sering ikut hadir dalam pertunjukan-pertunjukan beliau, konser-konsernya dan bahkan tur-turnya di luar kota. Lalu, saya juga tidak akan pernah melupakan pengalaman saya pergi ke Australia bareng sama beliau untuk proses rekaman dan juga mixing albumnya. Jadi, basically memang saya tumbuh dekat sekali dengan om Chrisye dan juga musiknya. Liat beliau di atas panggung dan juga mendengarkan lagu-lagunya merupakan salah satu inspirasi terbesar saya hingga saya akhirnya memutuskan juga untuk serius bernyanyi.

Apa pengalaman unik Gita Gutawa bersama Chrisye?

Salah satu pengalaman unik saya bersama om Chrisye adalah saat konser Dekade. Waktu itu, saya duduk sebagai penonton dan umur saya masih sekitar sepuluh tahun. Lalu, pada waktu lagu Kisah Cintaku, beliau jalan dari panggung ke arah penonton dan menghampiri saya, mengajak saya bernyanyi.

Itulah pertama kalinya saya mengeluarkan suara di Plenary Hall - JCC di depan ribuan orang lewat microphone almarhum om Chrisye. Itu adalah pengalaman duet, ya walaupun bukan duet di atas panggung, sepanggung beneran tapi itu adalah pengalaman duet yang benar -benar berkesan banget buat saya dan tidak akan pernah saya lupakan.

Lagu favorit dan paling berkesan dari karya Chrisye? Kenapa?

Lagu-lagu almarhum om Chrisye selalu ada di dalam playlist saya sehari-hari, sampai sekarang. Dari lagu-lagunya yang jadul sampai yang terakhir beliau nyanyikan semuanya ada.

Saya kebetulan juga sempat merecycle beberapa lagu beliau. Ada Aku Cinta Dia dan juga Ketika Tangan Dan Kaki Berkata. Dua lagu tersebut ada di dalam album saya.

Selain itu, saya juga pernah beberapa kali tampil menyanyikan lagu beliau seperti Gita Cinta, Puspa Indah, Semusim, Kala Sang Surya Tenggelam, Sabda Alam, Lilin-Lilin Kecil,  dan saya juga pernah beberapa kali menyanyikan lagu Chopin Larung.

Menurut saya mengagumkan sekali melihat begitu beragamnya lagu-lagu beliau, mulai dari yang pop. Ada yang bernuansa tradisional dengan orchestra, lalu ada jazz, bahkan ada nomor dangdut dan ada juga bagian di mana om Chrisye ngerap. Lalu, dari segi liriknya juga ada yang tentang religi, ada juga yang mengenai kehidupan, tentang cinta dari yang senang dan juga sedih