25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi & Pakar (1)

By nova.id, Kamis, 11 April 2013 | 10:00 WIB
25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi Pakar 1 (nova.id)

25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi Pakar 1 (nova.id)
25 Tips Wirausaha dari 5 Praktisi Pakar 1 (nova.id)

"Foto: Dok Pri "

Online - Fika Pratiwi (www.zalora.co.id)

 - Kenali baik-baik produk dan target pasar Anda. Ini yang paling mendasar karena dari sini Anda bisa menentukan dan mengembangkan produk, sekaligus menjual produk tersebut ke pasar yang tepat. Di sinilah tim buying/pembelian kemudian berperan penting dalam bisnis online. Tim inilah yang menentukan produk apa saja yang akan di-listing. Selain mengacu pada tren dari penyedia produk offline, perhatikan juga tren yang sedang marak di dunia online seperti Facebook, BBM, forum, dan lain-lain.

- Sistem logistik juga penting karena di sinilah seluruh stok barang ditempatkan. Semua produk sangat berharga, maka Anda harus tahu benar siapa saja yang bertanggung jawab dalam sistem ini agar Anda tak merugi. Delivery atau proses pengantaran merupakan kunci kepuasan pelanggan, jangan sampai ada yang salah kirim. Maka, pilihlah partner logistik yang benar agar terhindar dari kerugian.

- Sistem information technology (IT) adalah ujung tombak dari bisnis online. Karena toko Anda berbentuk virtual, maka seluruh customer experience terjadi secara online. Support IT yang bagus sangat menentukan kemulusan proses penjualan. Sebagai pengusaha online, Anda harus selalu update dengan teknologi terbaru demi pengembangan bisnis Anda.

- Lini customer service (CS) juga tak kalah penting. Pelanggan harus merasa aman setelah membeli produk Anda. Jika ada sesuatu yang ingin mereka tanyakan, pelanggan harus merasa bebas bertanya kepada CS. Tim CS juga harus diberi pelatihan sedemikian rupa agar dapat terus melayani kebutuhan pelanggan. Karena bisnis ini berbentuk online, CS menjadi perantara bagi pelanggan untuk berkomunikasi dengan Anda.