Duit Fitri Rp 3,4 Juta Lenyap Lewat Transaksi Online

By nova.id, Senin, 27 Agustus 2012 | 02:54 WIB
Duit Fitri Rp 3 4 Juta Lenyap Lewat Transaksi Online (nova.id)

Duit Fitri Rp 3 4 Juta Lenyap Lewat Transaksi Online (nova.id)

"Ilustrasi "

Penipuan berkedok transaksi online menimpa seorang mahasiswi perguruan tinggi negeri di Bandung. Kali ini korbannya mahasiswi angkatan 2010, Nur Fitri (22), warga Komplek Kencana Jalan Suplir 2 RT 10 W 05, Kelurahan Rancaekek Kencana, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (25/8/2012).

Gadis berambut panjang ini tertipu uang berjumlah Rp 3,8 Juta setelah mentransfer uangnya ke rekening milik pribadi yang bernama Eko Gunawan. "Sudah dua kali ini saya mentransfer uangnya. Tapi barang yang saya pesan belum dikirim-kirim sudah tiga bulan ini," ujar Fitri. Uangnya tersebut merupakan hasil kerjanya sebagai guru les Bahasa Inggris.

Awalnya, Fitri mengaku tergiur dengan ponsel bermerk Sony Ericsson Xperia X10 yang ditawarkan situs www.adiraonlineshop.com. Ponsel yang memiliki harga normal sekitar Rp 4 juta itu bisa dibeli dengan harga yang lebih murah. "Di situsnya ditawarkan Rp 1,1 juta," katanya. Ia mengaku mendapatkan informasi situs itu melalui Facebook.

Meski sempat ragu, Fitri mencoba menghubungi nomor kontak yang ada di situs tersebut. Ia mengikuti format yang tertulis dalam situs tersebut dengan cara mengetik # Nama # Jumlah Pembayaran # Bank Tujuan Pembayaran # Atas Nama Pengirim # Tanggal Pembayaran # Jenis Pesanan #. "Setelah saya kirim SMS, mereka kemudian langsung menelpon saya," katanya.

Pihak adiraonlineshop, kata dia, langsung memintanya untuk segera mentransfer uang ke nomor rekening yang diberikan, yakni 0250486208. Sebab, barang yang diminta sudah dalam proses pengiriman.

"Sempat tidak percaya karena begitu cepat mereka meresponnya. Tapi ketika saya minta jaminan dia bilang rekening yang diberikan bisa ditelusuri alamatnya," katanya. Setengah percaya ia pun mengirimkan uangnya pada Rabu (6/6/2012). Lagi pula, ia mengira jika adiraonlineshop satu perusahaan dengan Adira Finance.

Selama sebulan barang yang dipesan tak kunjung datang, Fitri mulai menaruh curiga. Ia pun menelepon kontak yang menghubunginya pertama kali. Namun, ia malah disuruh kembali mentransfer kembali uang sebesar Rp 2,7 juta pada Kamis (16/8/2012).

"Alasannya buat pencairan member karena ada aturan baru. Kata mereka dalam sepuluh menit uang yang ditransfer nanti akan dikembalikan lagi," katanya. Ia pun kembali mengirimkan uangnya ke rekening yang sama dengan harapan barang yang dipesannya datang dan uangnya sebesar Rp 1,1 juta tak hilang sia-sia.

Namun, kepastian tetap tidak didapatkan Fitri malah keraguannya dengan transaksi yang dilakukannya semakin membuncah. Pasalnya, uangnya yang digunakan untuk pencairan member tak kunjung kembali. Bahkan barang yang dipesannya pun tak datang-datang.

"Saya telpon balik dan mereka malah minta tambah uang lagi untuk menggenapkan total uang menjadi Rp 5 juta," ujarnya.

Tak percaya begitu saja, ia mengancam pihak adiraonlineshop akan dilaporkan pihak yang berwenang. "Mereka malah menantang, silakan lapor saja kami perusahaan besar," ujarnya menirukan suara dari rekamannya. Dikatakannya, nomor yang dihubunginya, yakni 082325257xxx atas nama Riko Chandra selaku Marketing adiraonlineshop.

Rasa penasaran Fitri pun tak tertahankan. Ia mencoba membuka situs yang dibuka pertama kalinya. Namun situs tersebut kini tak bisa dibuka lagi. Hanya tulisan This Account Has Suspended ketika membuka situs tersebut. Ia pun sempat pasrah dengan uang yang dikirimkannya karena sudah tidak ada kejelasan.