Pesona Tenun Bali yang Kian Lestari (1)

By nova.id, Jumat, 13 Juli 2012 | 22:09 WIB
Pesona Tenun Bali yang Kian Lestari 1 (nova.id)

Pesona Tenun Bali yang Kian Lestari 1 (nova.id)
Pesona Tenun Bali yang Kian Lestari 1 (nova.id)

"Pada pembukaan program pelatihan Garuda-CTI, Ridwan Edi member semangat kepada para peserta. (Foto: Intan/NOVA) "

Semula Ditolak

Selanjutnya, mengajak para perajin tenun untuk semakin mengembangkan produk tenunnya dengan menggunakan bahan baku berkualitas baik, struktur tenun yang baik, serta kontrol kualitas produk yang baik, ternyata tak mudah. Inilah yang semula dirasakan tim Program Pelatihan dan Pengembangan Perajin CTI, yang koordinasinya diketuai Sjamsidar Isa atau akrab disapa Bu Tjammy.

Sebelum sampai ke pemberian pelatihan kepada perajin, papar Tjammy, timnya melakukan sejumlah persiapan yang diawali dengan FGD (focus group discussion) persiapan tim kerja, lalu studi kelayakan (survei), dilanjutkan dengan FGD hasil studi dan perencanaan pengembangan desain. Kemudian pelatihan (pengembangan struktur tenun, ragam hias, dan teknik pewarnaan), lalu evaluasi, dan terakhir presentasi uji coba pasar dan promosi.

Untuk Program Pelatihan dan Pengembangan Perajin Tenun Bali, Tjammy didampingi oleh Koestriastuti (koordinator pelatihan), Ratna Panggabean (desainer tekstil), Marsono (ahli struktur dan pewarnaan), Koes Surono (desainer interior/produk), dan Priyo Oktaviano (desainer fashion).