Tim DVI Sarankan Keluarga Serahkan Ijazah Asli Korban Sukhoi

By nova.id, Rabu, 16 Mei 2012 | 11:43 WIB
Tim DVI Sarankan Keluarga Serahkan Ijazah Asli Korban Sukhoi (nova.id)

Tim DVI Sarankan Keluarga Serahkan Ijazah Asli Korban Sukhoi (nova.id)

"Foto: Icha "

Kepala DVI Indonesia, KombesAnton Castilani, meminta agar keluarga korban tetap bersabar menunggu identifikasi selesai. Pasalnya, dari proses penerimaan hingga pengembalian jenazah, Tim DVI menemukan banyak kesulitan.

"Yang lain sudah ada progresnya, tapi belum berhasil 100 persen," ujarnya di RS. Polri, Jakarta Timur, Rabu (16/5).

Tim SAR menemukan banyaknya potongan badan tidak utuh yang mengakibatkan lamanya pengidentifikasian. "Body partnya sangat banyak, makanya kita membutuhkan kejelian. Ada yang ditentukan sebagai laki-laki atau perempuan. tapi tergantung keutuhan. Ada yang bisa dikenali, ada yang tidak," ujar Kepala RS Polri, Agus Prayitno.

Anggota Inafis, AKBP Achid Taufik  menyarankan agar  keluarga dapat memberikan data yang lebih lengkap dan secara rinci agar memudahkan pengidentifikasian bagian tubuh yang tidak utuh.

"Alangkah baiknya bagi keluarga korban memberikan ijasah asli, 10 jari yang kami terima datanya. Karena ada sebagian keluarga yang memberikan data kelingkingnya saja, ada juga telunjuknya saja. Kalau 10 jari Insya Allah cepat teridentifikasi semua. Itulah perbandingan kami antara korban dan pihak keluarga," jelasnya.Icha