Sensasi Wisata di Penang

By nova.id, Kamis, 3 Mei 2012 | 23:45 WIB
Sensasi Wisata di Penang (nova.id)

Sensasi Wisata di Penang (nova.id)
Sensasi Wisata di Penang (nova.id)

"Pantai Batu Peringgi (Foto: Hasto) "

Jika Anda pengin menikmati sensasi wisata lainnya, cobalah berlayar dengan kapal pesiar yang sandar di Penang's Sweettenham Pier, salah satunya Super Star Libra. Anda bisa memilih paket 2 hari 1 malam, atau paket 4 hari 3 malam menyusuri Phuket dan Krabi di Thailand, berangkat dari Penang. Yang tak kalah seru tentu wisata kulinernya. Penang sejak lama dikenal karena kekayaan khasanah kulinernya yang beraneka macam dengan kualitas yang luar biasa. Bahkan ada istilah, orang Penang dikenal hanya hidup untuk makan! Tak heran bila aneka tempat makan tersedia di segenap penjuru Penang selama 24 jam sehari.

Beberapa jenis makanan khas Penang yang patut dicoba antara lain Nasi Kandar, Penang Laksa, Char Kuey Teow, atau dikenal sebagai mi goreng mawut (yang dihiasi telor, kuah udang dan bawang putih). Yang pasti sudah dikenal tentulah Nasi Lemak, sebuah sajian sarapan pagi khas Malaysia yang dihiasi parutan kelapa, kare ikan sedap, telor rebus dan mentimun.

Tak puas menikmati wisata kuliner, ada baiknya Anda menjelajah daerah pantai dan perbukitan di Penang, salah satunya pantai Batu Ferringhi (Foreigner's Rock). Selain menikmati panorama pantai, Anda bisa mengunjungi lokasi wisata lain di wilayah ini, di antaranya Tropical Spice Garden. Di sini, terdapat sekitar 500 varietas flora eksotis, rempah, dan fauna. Bagi penggemar kupu-kupu, Penang Butterfly Farm menjadi ilihan tepat. Di tempat ini, terdapat lebih dari 4 ribu kupu-kupu dan berbagai reptil, amfibi dan serangga. Tak perlu cemas soal akomodasi. Puluhan hotel dan resor berjajar di sepanjang pantai Ferringhi dengan berbagai kelebihannya. Salah satunya adalah Tanjung Bunga Beach Resort.

Rekreasi Sambil Berobat

Belakangan ini, wisata medis (medical tourism) menjadi tren dalam perdagangan pariwisata dunia. Malaysia merupakan salah satu dari 5 tujuan wisata medis di seluruh dunia, dan Penang menyumbang lebih dari 70% dari wisata medis Malaysia. Asal tahu saja, sebanyak 40 persen turis medis di Penang berasal dari luar Malasysia, dan yang terbanyak ternyata dari Indonesia!