Waze Aplikasi Wajib Pengguna Jalan Raya

By nova.id, Minggu, 19 Februari 2012 | 00:54 WIB
Waze Aplikasi Wajib Pengguna Jalan Raya (nova.id)

Waze Aplikasi Wajib Pengguna Jalan Raya (nova.id)
Waze Aplikasi Wajib Pengguna Jalan Raya (nova.id)

"Waze, sarana navigasi yang menyenangkan. (Foto: Dok IST) "

Navigasi Setara GPS

Berbagi informasi kemacetan di jalan jugalah yang mendasari dibuatnya aplikasi Waze. Aplikasi ini adalah yang pertama yang menggunakan basis member untuk mengetahui kondisi lalu-lintas sekaligus sebagai navigasi. Awalnya, aplikasi ini muncul di Amerika Serikat, lalu berkembang ke Prancis dan Italia. Tahun lalu, aplikasi ini diperkenalkan ke Inggris.

Sepertinya pengelola Waze memang sengaja mengandalkan member-nya untuk mengembangkan aplikasi ini. Salah satu contohnya, soal peta yang disediakan. Pengelola cukup menyediakan peta dasar dan memberi keleluasan kepada member untuk mengembangkannya. Begitu juga tempat-tempat penting. Member bisa menandai sendiri tempat-tempat yang disinggahi.

Namun yang utama dari aplikasi ini adalah mengetahui kondisi lalu-lintas dan navigasi. Hebatnya, member diberi pilihan untuk melaporkan kondisi jalanan. Pertama, laporan pasif. Tak harus memberi laporan, perjalanannya sudah "terekam" dan itu menghasilkan data kecepatan rata-ratanya. Nah, data ini bisa dilihat oleh member lain.