Derita Yulia Isti Handayani, Sang Penyanyi yang Kerap Dianiaya Suami (1)

By nova.id, Kamis, 1 September 2011 | 23:45 WIB
Derita Yulia Isti Handayani Sang Penyanyi yang Kerap Dianiaya Suami 1 (nova.id)

Derita Yulia Isti Handayani Sang Penyanyi yang Kerap Dianiaya Suami 1 (nova.id)

"Selama melakukan pendekatan dengan Yulia, semula Jok selalu menunjukkan sikap yang baik. Namun ternyata, Jok berubah perangai setelah menikah. Ia gampang sekali menganiaya. (Foto: Dok Pri) "

Baru saja usai perayaan pesta pernikahan, penyanyi yang tinggal di Semarang ini sudah mengalami kekerasan dari suaminya. Sambil menahan pedih, ibu satu anak ini mencoba mempertahankan keutuhan rumah tangganya. Namun, ia tak kuat lagi dan melaporkan suaminya ke polisi.

Sama sekali aku tak menyangka perkawinan keduaku kandas di tengah jalan dengan cara seperti ini. Selama tiga tahun menikah dengan Jok, aku tak pernah bahagia. Ketika berkenalan dengan Jok, aku janda dengan seorang anak perempuan yang kini sudah berusia 19 tahun, sebut saja namanya Putri.

Cerai dari suami pertama dan menjadi orangtua tunggal bagi Putri, sebenarnya hidupku berkecukupan. Aku berprofesi sebagai seorang penyanyi lokal dan sering mendapat tanggapan. Tidak hanya di Semarang, bahkan sampai ke luar kota. Dari hasil menyanyi itulah, aku berhasil membangun rumah di kawasan Candisari, Semarang dan punya tabungan. Aku juga memiliki usaha penyewaan sound system. 

Suatu hari di bulan Desember 2007, aku bersama sahabatku seorang pemain musik, tengah mencari kostum untuk keperluan pentas. Ketika itulah, temanku menerima telepon dari seseorang. Lalu, temanku mengajakku untuk menemui kenalannya itu di sebuah rumah makan.

Aku membiarkan mereka mengobrol, tak mau mengganggu perbincangannya. Sampai kemudian aku dan si teman melanjutkan perjalanan. Tak lama kemudian, ponselku berdering. Dia mengaku bernama Jok dan baru saja bertemu di rumah makan. Oh, rupanya ia lelaki yang baru saja kami temui. Sempat kaget juga karena aku tak sempat berbincang dengannya, apalagi memberikan nomor kontak. Rupanya, temanku lah yang membagi nomor ponselku.

Sesampai di rumah, Jok telepon lagi. Ia banyak cerita. Mulai dari pekerjaannya sebagai kontraktor dan mengaku sebagai anak mantan pejabat di Semarang. Ia pun menceritakan, ayahnya sakit stroke. Bahkan mengungkapkan posisinya sebagai duda yang ditinggal pergi istrinya. Ia mengaku punya tiga anak. Anak keduanya mengalami cacat, pertumbuhan motoriknya terganggu. Aku tersentuh mendengar kisahnya.

Pukulan Pertama Usai Pesta

Beberapa hari kemudian, Jok benar datang ke rumahku bersama anaknya yang cacat. Wajah anaknya yang berusia 9 tahun itu begitu tampan. Anak itu tak bisa apa-apa. Dalam hati aku membatin, suatu saat kelak, aku akan membawanya berobat. Misalnya saja melakukan terapi. Aku makin luluh. Tak terasa hubunganku dengan Jok makin dekat.

Waktu berjalan, awalnya ia menunjukkan sikap yang baik. Meski perkenalanku terasa singkat, aku menerima saja lamarannya. Aku pernah diajaknya ke Pengadilan Agama untuk mengambil surat cerainya. Aku makin percaya, ia benar-benar berstatus duda. Kelak kemudian hari aku paham, surat cerai yang diambilnya itu adalah perceraiannya dengan istri pertama. Ia menikah lagi dengan istri kedua, kemudian menikahiku.

Pernah aku membaca SMS Jok, dari seorang wanita. Isinya mesra, "Sayang, nanti dijemput di mana?" Aku sempat menelepon dan wanita itu mengaku sebagai istri Jok. Tentu saja aku tidak percaya, soalnya aku melihat dengan mata kepala sendiri surat cerai Jok. Kelak aku tahu, wanita ini betul istri keduanya. Belakangan pula aku tahu, istri kedua ini mengajukan cerai terhadap Jok.

Singkat kata, karena selama ini Jok menunjukkan sikap yang baik, aku bersedia diajak menikah. Aku pun bertemu keluarganya. Bapaknya yang mantan pejabat itu, kondisinya memang sakit stroke. Bapak ingin kami cepat menikah. Kami pun memutuskan menikah pada 16 Mei 2008. Tanggal ini bertepatan dengan ulang tahunku.

Perayaan pernikahan diselenggarakan di rumah mertua di kawasan Pudak Payung, Semarang. Sebenarnya, sih, pernikahan di masyarakat Jawa, selayaknya diselenggarakan di rumah mempelai wanita. Namun, Bapak yang kondisinya sakit, meminta kami menikah di rumahnya. Saat lamaran di rumah, Bapak tak bisa datang.