Yuk, Berwisata Ke Pemancingan!

By nova.id, Sabtu, 25 Juni 2011 | 00:54 WIB
Yuk Berwisata Ke Pemancingan! (nova.id)

Yuk Berwisata Ke Pemancingan! (nova.id)
Yuk Berwisata Ke Pemancingan! (nova.id)
Yuk Berwisata Ke Pemancingan! (nova.id)

"Usai dibakar, ikan pun bisa disantap di tempat bersama keluarga dan teman. Hm, nikmat! (Foto: Gandhi) "

Konsep Keluarga

Beragam kolam pancing yang tersebar di Desa Kalanganyar ini memang memiliki keunggulan dalam fasilitas. Mulai dari jasa pembakaran ikan hasil tangkapan, tempat makan yang bersih, hingga menu makanan dan minuman.

Salah satunya, pemancingan Gemilang 2 milik Darsono. Awalnya, kolam pancingnya adalah tambak biasa. Tahun 2007 sang pemilik merombak konsepnya. Bukan sekadar sebagai tambak ikan, tetapi bisa dijadikan lokasi wisata. "Maka keluarlah ide untuk membuat tambak ini sebagai kolam pemancingan. Kami yakin kalau dikelola dengan baik, maka pasti bisa dijadikan sarana hiburan murah tapi menyenangkan," imbuh Darsono.

Untuk mengentalkan konsep wisata, pemancingan dibuat senyaman mungkin. misalnya, di tepi tambak didirikan bangunan-bangunan dan tempat duduk agar para pemancing terlindung dari sengatan panas matahari. Agar para pemancing bersemangat, di tambaknya sengaja dilepas ikan-ikan bandeng ukuran besar yang siap masak.

Selesai memancing, ikan tangkapan ditimbang dan dihargai per kilogramnya. "Kami mematok harga Rp 20 ribu untuk per kilogram ikan bandeng," jelas Darsono yang di kolamnya khusus ditebari ikan bandeng saja.

Ternyata usaha Darsono berbuah manis. Kolamnya ramai dikunjungi. Darsono pun tak berpuas diri. ia justru melebarkan konsep usahanya menjadi kolam pemancingan untuk keluarga. Salah satu caranya dengan mendirikan rumah-rumah untuk beristirahat, plus menyediakan jasa memasak ikan hasil tangkapan. Hasilnya? "Memang benar, sejak itu para pemancing datang berbondong-bondong memboyong keluarganya. Enak kan, setelah capek mancing, ikan segar langsung bisa dinikmati bersama di tempat."