Utak-Atik Aksesori Cantik (2)

By nova.id, Jumat, 24 Juni 2011 | 05:52 WIB
Utak Atik Aksesori Cantik 2 (nova.id)

Utak Atik Aksesori Cantik 2 (nova.id)
Utak Atik Aksesori Cantik 2 (nova.id)

"Foto: Laili Damayanti "

Pemotongan Permata

Masih di lantai yang sama, di bagian tengah terdapat aneka konter grosir perak dan aksesori logam, salah satunya Grace Silver. Toko ini menawarkan pembelian perak grosiran dengan pembelian minimal Rp 500 ribu (mendapatkan sekitar 20 gr perak). Di area yang sama, juga ada jasa krom untuk pembeli yang ingin berkreasi memoles aksesori. Jasa krom ini bisa dikenakan secara kodian maupun bijian. Harganya tergantung besar kecil permukaan yang perlu dikrom. "Kami memberikan garansi satu hingga dua bulan setelah penyerahan jika terjadi luntur. Karena seharusnya krom bertahan hingga lima sampai enam bulan," ungkap Sam (38) pedagang permata dan jasa krom. Pengerjaannya pun tak lama, hanya satu jam.

Dari keseluruhan kios yang ada, paling istimewa dari JGC adalah sebuah sudut jasa poles dan pemotongan batu permata. Tepatnya di lot 3A lantai dasar, terdapat sekitar 10 jasa poles dan potong batu. Model yang paling murah misalnya cabochon (setengah bulat seperti akik, Red.). Semakin banyak irisannya, misal round brilliant cut, semakin mahal biaya yang dikenakan.

Bila hasil poles atau pemotongan tidak sesuai permintaan, jasa bisa diulang. Namun untuk pemasangan batu, kata Syamsi Noor (45) pemilik Difa Poles, tidak bisa dilayani. Syamsi juga tak jarang menerima pesanan pengeboran batu untuk liontin, gelang, tasbih dan sebagainya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera berkreasi.

 Laili Damayanti