Lapangan Pekerjaan Buat Para Perempuan (2)

By nova.id, Selasa, 5 April 2011 | 17:08 WIB
Lapangan Pekerjaan Buat Para Perempuan 2 (nova.id)

Lapangan Pekerjaan Buat Para Perempuan 2 (nova.id)
Lapangan Pekerjaan Buat Para Perempuan 2 (nova.id)

"Sri Djoekarti (Foto: Gandhi) "

Demikian pula dengan Sri Djoekarti (57), janda tiga anak ini juga ikut menjadi perajin di Kriya Daun. Kendati ketiga anaknya sudah mandiri dan ia masih mendapat uang pensiun mendiang suaminya sebagai PNS Marinir, ia mengaku, tetap saja membutuhkan uang tambahan. "Paling, tidak uang itu buat ngasih uang jajan cucu atau uang saku sekolah mereka," kata Sri.

Namun, untuk mengerjakan aneka kerajinan, Sri lebih sering melakukannya di malam hari. Selain lebih tenang, siang hari Sri lebih banyak menghabiskan waktu dengan mengasuh cucunya. "Kalau pas ngemong cucu, susah mengerjakannya. Soalnya nanti diganggu terus," katanya berasalan.

Berbeda dengan teman-teman lainnya, Sri hanya mengerjakan sebisanya saja dan dalam sebulan ia bisa mendapat upah sekitar Rp 250 ribu.

Di antara perajin Kriya Daun, Putri Nena (22) tergolong yang mendapatkan upah cukup besar. Nena yang dalam waktu dekat akan menikah itu, dalam sebulan bisa mendapatkan Rp 500 ribu. "Lumayan, saya sudah bisa memenuhi kebutuhan pribadi dan tidak bergantung sama orang tua lagi," ujar tamatan SMA itu.

Penghasilan itu tentu amat mencukupi dibandingkan bila ia hanya jadi pelayan toko. Dulu, setamat SMU, Nena sempat menjadi penjaga toko di Mal Royal Plaza

Sementara menjadi perajin borongan Kriya Daun, Nena mengaku nyaman dan betah. Ia bisa menentukan waktu kerjanya sendiri, bahkan bisa dikerjakan di rumah. "Daripada kluyuran enggak jelas, lebih enak mengerjakan kerajinan seperti ini. Kalau capek, kan, bisa istirahat dulu. Kalau sedang pengin jalan-jalan, ya, sesekali saya juga masih bisa ke mal," ujarnya sambil tertawa.

Gandhi Wasono M