Mengenal Chelsea Islan Si Serba Bisa

By nova.id, Minggu, 22 Juni 2014 | 12:03 WIB
Mengenal Chelsea Islan Si Serba Bisa (nova.id)

Mengenal Chelsea Islan Si Serba Bisa (nova.id)

"Chelsea Islan (Foto: Okki) "

Kematangan berakting tidak selalu identik dengan usia. Buktinya, Chelsea yang masih belia sudah menjajal beragam peran. Meski demikian, ia masih haus akan ilmu. Dara cantik ini mengaku ingin mendalami sinematografi.

Serba bisa. Itulah julukan yang terasa pas dengan perjalanan akting Chelsea Elizabeth Islan (19) yang menanggalkan nama tengahnya di panggung hiburan. Berbagai judul film layar lebar yang dilakoninya semakin melambungkan namanya sebagai aktris muda. Ia sukses membintangi film Refrain dan Street Society. Tahun ini, Chelsea akan ikut terlibat dalam film layar lebar Di Balik Pintu Istana. Dia berperan sebagai mahasiswa yang turut andil dalam demonstrasi besar-besaran yang berujung pada tragedi 1998 sekaligus runtuhnya Orde Baru.

Kini dara yang mengidolakan Christine Hakim dan Merryl Streep ini, masih beradu akting dengan Dwi Sasono, Sophie Latjuba, dan Deva Mahendra dalam komedi situasi Tetangga Masa Gitu? (TMG) yang tayang di Net.TV sejak April silam.

Uniknya, Chelsea dipilih membintangi sitkom TMG bukan karena pernah membawakan berbagai peran. "Kita enggak harus belajar untuk lucu. Dari script-nya sudah ada inside joke yang bikin penonton senang," ujarnya saat ditemui di kawasan Kedoya, Jakarta Barat.

Meski terbilang sukses, perempuan kelahiran New York, 2 Juni 1995 ini masih merasa harus banyak belajar di sitkom tersebut. Apalagi ia lebih sering terlibat dalam film layar lebar. "Kalau film, kan, waktu mempelajarinya panjang, ada proses reading dan workshop. Kalau di sini (sitkom) lebih bermain dengan gestur dan mimik," jelasnya.

Fasih di Teater

Akting memang bukan kegiatan baru bagi Chelsea. Ketertarikannya muncul sejak duduk di bangku kelas 1 Sekolah Dasar di mana Chelsea kecil aktif ikut kelompok teater di sekolahnya. Kegiatan ini pun ia tekuni hingga kelas 3 SMP. "Biasanya, kami tampil dalam pertunjukan teater tahunan, sebagai acara penutupan tahun sekolahku, di Mentari Internasional School Jakarta," ujar penyuka olah raga outdoor ini.

Seiring waktu, berbagai judul musikal legendaris pernah dilakoninya. Mulai dari Grease, Aladdin, Tales Of Africa, Annie, dan Wizard Of Oz. "Terakhir main teater itu kelas 3 SMP, aku memerankan understudy-nya (pemain cadangan) Sandy dan karakter Marty dalam Grease, salah satu anggota The Pink Ladies (geng cewek populer di Grease, Red.)."

Di SMA, Chelsea masih setia berkecimpung di teater. "Tapi, enggak perform (tampil, Red.) karena aku jadi kru di belakang layar. Bisa dibilang karier aku memang didedikasikan untuk teater dan akting," tutur gadis yang hobi makan namun tubuhnya tetap langsing ini.

Fokus di Karier

Lepas SMA, pemenang pertama GoGirl! Look Competition 2011 ini memutuskan tidak melanjutkan kuliah karena ingin lebih total di akting. Keseriusan Chelsea ini pun membuahkan hasil. Hanya dalam rentang waktu tak lebih dari dua tahun, dara yang suka melukis dan fotografi ini sudah membintangi tiga judul film.

"Selulus SMA, aku break kuliah dulu, karena masih banyak film yang harus dikerjakan. Mau fokus dulu di situ," kata Chelsea yang merencanakan tahun depan melanjutkan pendidikan. "Kuliah kalau masih di Indonesia, penginnya Fakultas Psikologi. Kalau di luar negeri, penginnya ambil Sinematografi," tambahnya.