Sophia Latjuba Mueller: "Ini Urusan Saya dengan Tuhan"

By nova.id, Kamis, 8 Mei 2014 | 03:01 WIB
Sophia Latjuba Mueller Ini Urusan Saya dengan Tuhan (nova.id)

Sophia Latjuba Mueller Ini Urusan Saya dengan Tuhan (nova.id)

"Foto: Dok Pri "

Sophia Latjuba (44) berulang kali mengelak mengenai hubungannya dengan Ariel (33). Namun foto-foto yang memperlihatkan kebersamaan Sophia dan vokalis NOAH seakan-akan memperjelas hubungan mereka. Kini, santer beredar kabar mengenai Sophia yang memilih menjadi mualaf demi memperlancar jalan menuju gerbang pernikahan bersama ayah dari Alleia Anata Irham ini. Benarkah?

Sejak hubungannya terungkap dengan Ariel di pertengahan tahun 2013, Sophia memilih menutup mulut. Beberapa foto kemesraan mereka yang tertangkap kamera di berbagai tempat pun tak membuat Sophia goyah. "Ya, I'm ok with that. Di luar benar atau tidak, I don't mind. Orang sudah biasa membicarakan kehidupan saya," papar Sophia yang ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (28/4) malam.

Bukti-bukti berupa foto yang memperlihatkan keduanya makan malam, berjalan sambil bergandengan tangan atau Ariel menuntun Sophia, sampai Sophia yang setia menemani Ariel di setiap show-nya memang memperlihatkan keduanya sedang jatuh cinta.

Namun, Sophia tetap bergeming. Bisa jadi dua kali gagal membina rumah tangga membuat wanita kelahiran 8 Agustus 1970 ini lebih berhati-hati dalam menjalin hubungan. "Kalau saya pernah menikah dan harus pisah, itu enggak ada yang gagal tapi belajar. Pelajarannya adalah saat masuk ke pernikahan harus stabil, bukan hanya secara finansial, tapi fondasinya juga harus kuat."

Umur Bukan Masalah

Eva Celia dan Manuela sudah tahu perihal kedekatan Sang Bunda dengan Ariel. Menurut Sophia, kedua buah hatinya memang sudah diberi tahu sebelum media massa membeberkan hubungannya dengan Ariel. Sophia memang terbiasa berbicara secara terbuka dengan anak-anaknya. "Kami, kan, tinggal bersama-sama. Apa pun yang terjadi, mereka sudah tahu. Jadi, biarkan saja media bicarakan soal tersebut. Saya enggak akan ngomong dan ini bukan untuk konsumsi media," tuturnya.

Sophia pun tak ambil pusing dengan rentang usia 11 tahun di antara ia dan Ariel. Baginya, usia bukan tolak ukur kedewasaan seseorang. "Berdasarkan pengalaman, umur bukan jaminan. Ketidakpercayaan antara satu sama lain itulah penyebabnya (kegagalan, Red). Jadi, harus ada trust (kepercayaan, Red.) sama pasangan. Teori ini memang susah untuk dipraktikkan, tapi harus," jelas Sophia.

Disinggung lebih dalam soal hubungannya dengan Ariel, Sophia tetap enggan bicara. "Opini publik sudah terbentuk dengan apa pun yang aku bicarakan. Ada yang benci, ada yang enggak peduli, tapi ada juga yang mendukung," lanjut penggemar olahraga yoga ini.

Menjadi Mualaf

Setelah kabar kedekatannya dengan Ariel terangkat ke permukaan, Sophia dikabarkan telah menjadi mualaf. Keputusannya untuk mendalami ajaran agama Islam ini memang bukan isapan jempol. Dalam jejaring sosial miliknya, Sophia kerap mem-posting buku-buku mengenai Islam yang sedang ia baca. Sebut saja, The First Muslim - The Story of Muhammad, "Finally. Got the English version," tulisnya.

Menjadi seorang mualaf pun diakui bukan karena paksaan dari pihak luar, "Soal agama itu private. Bukan urusan siapa-siapa saya mualaf atau tidak," ungkap produser film Adriana ini. Sophia pun membantah langkahnya menjadi mualaf lantaran ia dan Ariel akan segera meresmikan hubungan mereka dalam pernikahan. Keputusan menjadi mualaf, lanjut Sophia, murni urusannya dengan Tuhan, "Saya mualaf karena saya dan Tuhan. Bukan karena siapa-siapa dan bukan karena urusan duniawi," tegasnya.

Sophia mengaku masih banyak belajar dari buku-buku islami dan menikmati proses yang tengah ia jalani. "Sangat nyaman, ya," tuturnya. Sayangnya, saat ditanya mengenai campur tangan Ariel dalam membimbingnya mendalami Islam, Sophia hanya berlalu sambil tersenyum misterius. Ariel yang ditemui di bilangan Mampang, Selasa (29/4) malam, pun mengambil langkah serupa dengan Sophia. "Nice," ungkap Ariel sambil tersenyum hambar saat dicecar pertanyaan mengenai kabar bahwa kekasihnya telah menjadi mualaf.