Dari Setan Sampai Perawan Kenes (2)

By nova.id, Minggu, 13 Februari 2011 | 17:06 WIB
Dari Setan Sampai Perawan Kenes 2 (nova.id)

Dari Setan Sampai Perawan Kenes 2 (nova.id)

"Foto: Henry Ismono "

Kopi Klotok

Terkenal di kawasan Jawa Tengah. Klotok diambil dari nama desa di Blora. Di desa ini, cara membuat air kopi begitu unik. Bubuk kopi hitam dicampur gula, lalu dimasak di panci seperti membuat karamel. Kemudian, kopi menjadi kerak. Lalu, diberi air panas sampai kerak kopi ngelotok. Rasanya memang mantap.

Nasi Ketel 

Di Bali ada nasi ketel. Sesuai namanya, mulai proses memasak sampai penyajian menggunakan ketel, alat masak tradisional. Nasi putih dimasukkan ke dalam ketel, ditambahkan ikan peda dan bumbu halus cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, daun salam, serai, jahe, gula merah, garam dan gula) yang sudah ditumis. Kemudian, nasi ini dibakar di atas bara api selama 3 menit hingga bagian bawahnya berkerak. Ditambahkan kemangi untuk menambah aroma wangi.

Colenak 

Untuk memberi nama penganan yang berasal dari singkatan kata, warga Sunda adalah jagonya. Colenak adalah dicocol enak. Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar dan sajikan dengan saus dari parutan kelapa dan gula merah. Tape bakar ini dimakan dengan cara dicocol ke saus gula merah.

Sate Kere 

Cobalah ke Solo, sate kere akan mudah dijumpai. Kere adalah ungkapan bahasa Jawa, artinya miskin. Warung sate kere di Solo menyajikan daging dan jeroan sapi, tapi yang dominan sate tempe gembusnya, tempe yang dibuat dari ampas kedele. Tempe, identik dengan makanan orang miskin. Sate tempe gembus ini juga berbumbu sambal kacang.

Sate Buntel 

Di Solo, ada pula sate buntel. Terbuat dari daging kambing cincang, diberi bumbu bawang dan merica, lalu dibuntel (dibungkus) lemak kambing. Lalu, dibakar seperti sate. Bumbunya kecap, irisan cabai rawit, bawang merah, kol, dan tomat.

Sate Klathak 

Sate kambing legendaris dari Bantul (DIY), yang konon sudah ada sejak tahun 30-an. Tusukannya bukan dari bambu, tapi dari jeruji sepeda. Kabarnya, biar awet. Bumbu sate hanya garam dan bawang putih. Nama klathak karena saat dibakar berbunyi thak...thak.