Katy Perry, Pesona Si "Kembang Api"

By nova.id, Sabtu, 12 Februari 2011 | 17:05 WIB
Katy Perry Pesona Si Kembang Api (nova.id)

Katy Perry Pesona Si Kembang Api (nova.id)

""

Mengawali karier sebagai penyanyi gospel, siapa yang menyangka jika Katy Perry (26) menjelma menjadi bintang. Ketenarannya kini tak ubahnya seperti kembang api, yang selalu ditunggu banyak orang untuk bercahaya dan menghibur, persis seperti single terbarunya, Fireworks.

Lahir di Santa Barbara, California, Amerika, dengan nama asli Katheryn Elizabeth Hudson, Katy kecil sudah memiliki bakat menyanyi. Kala itu, Katy sering diminta menyanyi di gereja lokal di kawasan ia tinggal. Kebetulan, orang tua Katy adalah pastor gereja.Setelah lulus tahun pertama dari sekolah menengah di Dos Pueblos High School, Katy memutuskan meninggalkan sekolah demi memantapkan kariernya di bidang musik.

Ketika masih kecil, Katy sering diam-diam memakai alat perekam milik kakak perempuannya untuk merekam suaranya dan memperdengarkan lagu yang ia nyanyikan kepada orang tuanya. Ternyata, orang tuanya malah menyarankan agar Katy mengambil kursus vokal.

Katy pun mulai berlatih vokal saat ia berusia 9 tahun hingga ia 16 tahun. Setelah itu, ia melanjutkan kuliah di akademi musik di Santa Barbara dan mempelajari opera Italia untuk waktu singkat.

Ketika ia berusia 15 tahun, Katy mengeluarkan album perdananya yang diberi judul sesuai namanya, Kate Hudson. Di album perdana yang dirilis tahun 2001 itu, Katy masih membawakan lagu-lagu gospel (lagu rohani Kristen, Red.), namun dalam sentuhan rock. Sayang, album itu tidak sukses.

Setelah itu, Katy pun mengubah nama panggungnya menjadi Katy Perry, dimana Perry adalah nama gadis ibunya. Di usia 17 tahun, Katy pergi ke Los Angeles untuk mencoba peruntungannya. Di sana, Katy bertemu dan berkolaborasi dengan Glen Ballard menciptakan lagu. Sejumlah kegagalan sempat dialami Katy, namun lambat laun lagu-lagunya mulai dipakai sebagai lagu latar untuk film.

Simple adalah salah satu lagu karyanya yang dipakai sebagai soundtrack film The Sisterhood of The Traveling Pants (2005) dan menarik perhatian publik serta pelaku industri musik Amerika.

Tampil Nyeleneh 

Tahun 2004, Katy resmi berada di bawah naungan label Columbia Records. Namun sayang, label itu kurang memperhatikan bakatnya dan justru memasukkannya sebagai vokalis wanita dalam sebuah band bernama The Matrix. Sebuah album, pun, dirilis. Hasilnya, sama seperti album perdana Katy, jeblok di pasaran. Namun, keunikan suara Katy berhasil menarik perhatian jurnalis musik yang lalu melabeli dirinya sebagai "the next big thing" di tahun itu.

Setelah hampir dikeluarkan dari labelnya karena belum juga meraih untung, akhirnya jalan mulai terbuka bagi Katy. Setelah bertemu dengan orang-orang yang tepat, Katy merilis album musiknya yang diberi judul One of the Boys dan album itu menjadi debutannya di kancah musik Amerika pada 2008.

Salah satu lagu andalan di album itu, I Kissed the Girl, sempat menuai kontroversi karena liriknya yang terbilang nyeleneh. Namun, pelan tapi pasti, lagu itu mulai diterima publik dan berhasil menduduki posisi puncak selama 7 minggu di Billboard 100 dan merajai tangga lagu di 30 negara.

Menyusul kemudian, single kedua berjudul Hot n Cold meraih multi platinum dan albumnya dinobatkan sebagai album terlaris urutan ke-33 di seluruh dunia oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika.