Profesi yang Pas Lewat Tulisan Tangan (2)

By nova.id, Minggu, 9 Januari 2011 | 17:11 WIB
Profesi yang Pas Lewat Tulisan Tangan 2 (nova.id)

Profesi yang Pas Lewat Tulisan Tangan 2 (nova.id)
Profesi yang Pas Lewat Tulisan Tangan 2 (nova.id)

"Foto: Repro Menguak Rahasia Tulisan Tangan-Achsinfina "

Sekretaris

- Mampu Mengikuti Kebiasaan Umum: Connected script, good layout, jarak antar kata dan baris jelas dan teratur.- Adaptable: Bentuk tulisan garland, kemiringan tulisan ke kanan.- Intellegence: Kecepatan tulisan cepat, terdapat banyak penyederhanaan dalam tulisan, bentuk huruf "g" seperti angka 8.- Rapi: Tulisan memiliki ritme yang sama (kestabilan ukuran, kemiringan, kecepatan), good layout, jarak spasi antar kata dan baris teratur.- Komunikatif: Bentuk huruf garland, ukuran tulisan sedang.

Seleksi Baby Sitter

Selain membantu para ibu dalam mengikuti perkembangan anak (seksual, kesehatan, dan bakat), grafologi juga bisa membantu mencari pembantu rumah tangga, baby sitter, dan supir sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

"Baby sitter zaman sekarang, kan, banyak yang bandel, seperti memasukan obat tidur ke makanan anak supaya anak itu kerjaannya tidur aja. Nah, baby sitter yang suka melanggar aturan, tidak disiplin, malas, dan sebagainya itu, bisa dikenali sejak dini dari tulisannya," ujar Sapta.

Salah satu contoh tulisan orang yang suka melanggar aturan biasanya ujung baris tulisannya selalu naik atau turun. "Kalau ciri tulisan orang (supir) yang suka ngebut (agresif), biasanya tulisannya itu tajam-tajam (enguler). Kalau kita membayangkan duduk di atas tulisannya, pantat kita pasti akan terasa sakit."

Ternyata, metode ini juga digunakan Kepolisian Metro Polda Jaya untuk menganalisa psikologis calon polisi, mampu atau tidak mereka memegang senjata. Juga sebagai panduan untuk kasus pencurian, kejahatan, dan forensik.

Jalan Lain Selain Psikotest

Ilmu ini sudah banyak digunakan oleh tim HRD beberapa perusahaan besar. Selain biayanya murah, ilmu ini juga memudahkan mereka mendapatkan kriteria karakter yang diinginkan. Cukup meminta calon karyawan mengirimkan surat lamarannya dengan tulisan tangan, maka gambaran pribadinya pun bisa diketahui.

Apalagi, kadang hasil psikotes dan wawancara itu bisa dimanipulasi. Misalnya, calon karyawan bisa mempelajari atau menghapal jawaban psikotes melalui buku psikotes yang sudah banyak dijual di pasaran. Atau, bisa juga dengan mengikuti seminar-seminar kepribadian/psikotes.