Duka Keluarga Kikim Komalasari (1)

By nova.id, Selasa, 23 November 2010 | 17:07 WIB
Duka Keluarga Kikim Komalasari 1 (nova.id)

Duka Keluarga Kikim Komalasari 1 (nova.id)

"Foto: Repro Dok Pri / Ahmad Fadilah "

Tak lama setelah geger berita Sumiati yang disiksa majikannya, terdengar lagi kabar 'seram' dari Arab Saudi. Kikim Komalasari, TKW asal Cianjur, dikabarkan tewas mengenaskan. Ia dibunuh majikannya dan mayatnya dibuang di tong sampah.

Betapa kagetnya Siti Warliah (42) ketika Jumat subuh (19/11) membaca running text (teks berjalan) di teve, isinya "Kikim Komalasari, TKW asal Cianjur meninggal dunia di Arab Saudi karena dibunuh majikannya." Ia gundah, "Kikim benar nama adik saya. Dan dia berasal dari Cianjur," kata Siti yang akrab disapa Wiwin.

Meski begitu, Wiwin masih ragu, benarkah itu adiknya? Apalagi teks berjalan itu hanya sepintas saja. Tak ada lagi kabar lanjutannya. Ia hanya berharap, kabar duka itu tak benar-benar terjadi. Meski begitu, berita ini tentu saja mengagetkan keluarga Kikim yang tinggal di Kampung Cipeyem, Ciranjang, Cianjur. Isak tangis merebak. Apalagi ketika petugas Disnaker mengabarkan, memang benar Kimim lah yang meninggal.

"Setelah itu, banyak pejabat datang. Mulai dari kepala desa, camat, dan Pak Bupati. Yakinlah saya, Kikim benar-benar sudah meninggal," tuturnya. Wiwin menambahkan, "Saya tak menyangka, nasibnya begitu malang." Kabar ini pun sampai ke telinga suami Kikim, Ali Nurjaman dan tiga anaknya.

Sering Telepon

Wiwin sama sekali tak menduga adiknya bakal meninggal dengan cara mengenaskan. Kabar yang ia terima belakangan, adiknya dibunuh majikan dengan cara dipotong lehernya lalu mayatnya dibuang dekat tong sampah umum di Kota Abha. "Saya tak menduga majikannya berbuat sejahat itu."

Masih lekat dalam kenangan Wiwin ketika Juli 2009 silam, Kikim pamit berangkat ke Arab Saudi. "Selama ini, Kikim ibu rumah tangga biasa. Suaminya kerja di bengkel di Sukabumi. Hidupnya memang sederhana. Ia ingin menambah penghasilan keluarga. Ia ingin, anak-anaknya bisa sekolah tinggi."

Sudah tiga kali Kikim mendaftar ke PJTKI untuk berangkat ke Arab Saudi. Namun, sebelumnya ia tak lolos tes kesehatan. Baru yang ketiga kali ia bisa berangkat, setelah menunggu beberapa bulan di penampungan Jakarta. Wiwin yang termasuk paling dekat dengan adiknya berkata, sebulan setiba di Arab, Kikim mengontaknya.

"Awalnya yang bicara majikan perempuannya, pakai bahasa Arab. Saya tidak mengerti, mungkin artinya, 'Ini saudaranya Komala?' Saya jawab iya. Kemudian Kikim yang bicara," papar Wiwin.

Sungguh lega Wiwin mendengar suara adiknya dari seberang sana. Apalagi Kikim mengatakan, "Ia kerasan tinggal di sana. Majikannya baik. Tugasnya mengurus 5 anak majikannya. Saya dan keluarga jadi tenang."

Beberapa bulan kemudian, Kikim kembali menelepon Wiwin. "Sekadar tanya kabar. Terutama soal Fikri (5) anak bungsunya. Ia sempat cerita, selama ini gajinya lancar tiap bulan. Tapi, ia tak menyebut jumlahnya. Saya bilang, kenapa enggak dikirim ke kampung? Katanya, nanti saja kalau sudah terkumpul. Toh, ia ingin pulang setelah setahun kerja."

Beberapa waktu kemudian, Kikim kembali telepon. "Katanya, majikannya enggak keberatan ia pulang setelah setahun kerja. Kan , nanti bisa balik lagi ke Arab. Saya makin tenang. Dia juga bilang, tak pernah ada masalah dengan majikannya. Kondisinya juga sehat."