Misteri Mayat Bayi di WC Guru (2)

By nova.id, Senin, 2 Agustus 2010 | 06:27 WIB
Misteri Mayat Bayi di WC Guru 2 (nova.id)

Misteri Mayat Bayi di WC Guru 2 (nova.id)
Misteri Mayat Bayi di WC Guru 2 (nova.id)

"Kata bidan Sri, kini Ade mengalami infeksi pada saluran kehamilannya (Foto:Gandhi M Wasono) "

BIDAN SRI PENGUAK MISTERI

Adalah Sri Ngatemi, bidan yang dimintai jasanya untuk memeriksa seluruh siswi di sekolah Ade setelah kejadian penemuan bayi di WC guru, yang akhirnya berhasil menyibak misteri siapa ibu si bayi.

 Selain sempat "sembunyi" untuk menghindar dari pemeriksaan, "Saya curiga melihat Ade yang sepertinya baru saja bersalin. Kalau dilihat secara fisik, perutnya sama sekali tak ada perubahan. Tapi begitu diraba, saya mulai curiga sebab dua jari di atas pusar agak sedikit mengeras. Itu menandakan dia mengalami infeksi," kata Sri saat ditemui Kamis (29/7).

Ade pun diminta melepas seragamnya. "Begitu ia membuka bajunya, saya langsung yakin bahwa dia habis melahirkan karena payudaranya ketika saya tekan sedikit, keluar air susunya," kata bidan yang sudah berpraktik selama 31 tahun itu.

Untuk lebih memastikan lagi, Sri kemudian meminta Ade melepas celana dalamnya. "Semula dia sempat berdalih sedang menstruasi, tapi dengan bahasa yang halus saya tetap membujuk agar ia menurut." Kecurigaan Sri pun semakin terbukti ketika ia melihat ada darah sisa persalinan di pembalut wanita yang dipakai Ade.

Sri kemudian memanggil Dyah Susyanie, guru Bimbingan dan Konseling (BK) sekolah, lalu menjelaskan hasil pemeriksaannya. Meski semula agak berkelit, namun dengan pendekatan keibuan, Ade yang baru 10 hari menjadi siswa SMA di situ, akhirnya mengaku, "Ya, Bu, tapi saya melahirkannya di rumah."