Bijak Mengelola Toko Online

By nova.id, Jumat, 4 Juni 2010 | 17:45 WIB
Bijak Mengelola Toko Online (nova.id)

Bijak Mengelola Toko Online (nova.id)
Bijak Mengelola Toko Online (nova.id)

"Foto: Istimewa "

Harga Murah

Salah satu alasan orang belanja online, selain praktis, juga mencari harga murah. Soal harga memang sangat berpengaruh karena calon pembeli bisa mencari perbandingan dengan toko lain tanpa harus ke luar masuk toko. Bahkan di situs luar negeri, ada situs-situs yang selalu dirujuk calon pembeli seperti Bizrate, Shopzilla, atau PriceGrabber Froogle, untuk membandingkan harga pada produk sejenis dari ribuan pedagang.

Selain harga, tentukan juga biaya pengiriman ditanggung siapa. Jika ditanggung pembeli, Anda cukup memberikan link situs jasa pengiriman yang sudah menyediakan tarif pengiriman. Jika Anda menggunakan kurir sendiri, informasikan juga kepada pembeli kapan barang akan sampai.

Interaksi

Sebelum menentukan pilihan, pengunjung pasti ingin mencari tahu informasi barang yang akan dibeli. Itu perlunya Anda mencantumkan beragam nomor yang bisa dihubungi. Seperti alamat toko online, nomor telepon, e-mail, Instant Messenger, atau PIN Blackberry.

Usahakan cepat merespons jika ada pertanyaan dari pengunjung. Untuk mengurangi kerepotan menerima pertanyaan yang sama, Anda bisa membuat tombol Q & A di situs yang berisi pertanyaan dan jawaban hal-hal yang sering ditanyakan calon pembeli.

Promosi

Agar situs Anda dikunjungi netter, Anda wajib melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan lewat internet maupun konvensional. Aktif di milis yang setema dengan barang jualan Anda menjadi sarana promosi gratis yang efektif.

Begitu juga dengan menjajakan barang dagangan di forum jual beli, maka Anda akan mudah menemukan "lawan" alias calon pembeli. Anda juga bisa menulis link toko online di akhir lebar e-mail yang Anda kirim. Newsletter juga wajib Anda buat, jika punya barang dagangan baru. Ini sebagai informasi kepada pengunjung/member situs yang sempat meninggalkan e-mail.

Promosi lewat situs pertemanan Facebook dan Twitter juga lumayan efektif di era sekarang ini. Tag teman-teman yang sekiranya membutuhkan barang dagangan Anda.

Hindari Upaya Penipuan

Ada beberapa calon pembeli yang sekadar memesan barang tanpa mau membayar atau mentransfer uang lebih dulu. Pastikan Anda sudah menerima transfer uang dalam jumlah yang sesuai, baru barang Anda kirim. Segera setelah barang dikirim, jangan lupa memberitahu nomor resi pengiriman, agar pembeli bisa melacak barang yang dipesan ke jasa pengiriman.

Merawat Pembeli

Setelah Anda mengirim barang, tugas Anda tak berhenti sampai di situ. Anda harus tetap merawat pembeli Anda. Entah sekadar menanyakan kabar, mengirim ucapan selamat ulang tahun, atau memberi informasi terkini stok barang Anda.

Stok Barang

Ada toko online yang sama sekali tak punya stok barang. Mereka hanya sebagai perantara dari pemilik barang. Jadi begitu ada pesanan, mereka segera mengorder ke pemilik barang. Tapi jika barang yang Anda jual adalah produksi sendiri, jika memungkinkan Anda harus bersiap-siap ketika meemrlukan menyetok banyak barang. Misalnya saat menjelang liburan atau hari raya.

SUKRISNA