Berteriak Histeris, Belasan Siswa SD Kesurupan

By nova.id, Selasa, 19 Januari 2010 | 01:08 WIB
Berteriak Histeris Belasan Siswa SD Kesurupan (nova.id)

Kegiatan belajar dan mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), Senin (18/1/2010), terpaksa dihentikan secara mendadak, karena belasan siswanya kesurupan secara bersamaan.

Musfik, salah seorang siswa kelas IV SDN 1 Arjasa, mengatakan, awalnya salah seorang siswa perempuan kelas VI berteriak histeris ketika berlangsung mata pelajaran agama, teriakan itu membuat beberapa siswa lainnya juga berteriak histeris dan pingsan.

"Sebagian besar yang mengalami kesurupan adalah siswa perempuan. Banyak yang berteriak dan marah-marah saat pelajaran agama di salah satu ruang kelas itu, tanpa alasan yang jelas," katanya, Senin.

Siswa lain yang berada di dalam kelas tersebut, lanjut Musfik, ketakutan dan berlarian keluar ruangan sehingga membuat panik siswa lainnya di ruang kelas yang berbeda.

"Banyak siswa yang berhamburan keluar, sehingga kegiatan belajar dihentikan karena banyak guru menangani siswa yang kesurupan," paparnya.

Sementara, salah seorang guru di SDN 1 Arjasa, Badrun mengungkapkan, belasan siswa kelas VI yang mengalami kesurupan ketika sedang mengikuti pelajaran di ruang kelas.

"Kami belum tahu penyebabnya apa, namun sebagian siswa yang mengalami kesurupan dibawa ke ruang kesehatan dan disadarkan lebih dahulu, sebelum mereka dibawa pulang oleh orang tuanya," katanya.