5 Jenis Kue Kering Lebaran dan Cara Membuatnya

By , Sabtu, 10 Juni 2017 | 07:30 WIB
Ketahui jenis kue kering berdasarkan cara membuatnya. (Nova)

Tatanan stoples berisi kue kering bisa jadi merupakan kudapan yang ditunggu-tunggu anggota keluarga saat Lebaran. Jika Anda mulai bosan membuat kue kering yang itu-itu saja dan ingin mencoba hal baru, ketahui jenis kue kering berdasarkan cara membuat, berikut ini.

1. Kue kering dibentuk dengan sendok

Jenis kue kering ini dapat dikatakan paling mudah dalam pembuatannya. Hanya membutuhkan 2 buah sendok teh sebagai alat ukur dan alat pembentuk agar kue kering seragam. Adonan yang dipakai pun biasanya lebih sederhana. Dan dibuat dengan teknik mencampur semua adonan. Beri jarak antara kue yang satu dengan yang lainnya. Karena kue jenis ini akan melebar saat dioven, sehingga tidak akan saling menempel.

2. Kue Kering disemprot

Bentuk dan besarnya kue akan sangat tergantung kepada spuit yang digunakan. Sebaiknya, pada saat menyemprotkan adonan tidak terlalu tebal, agar kue bisa cepat matang. Kue kering jenis ini menggunakan adonan yang lebih lunak agar mudah saat disemprot. Kemudian diberi taburan atau hiasan pada permukaan kue.

Baca: Tips Sukses Membuat Kue Kering

3. Kue kering dicetak

Untuk membuat kue kering dengan teknik ini diperlukan rolling pin dan cetakan kue kering aneka bentuk. Tekstur adonan perlu diperhatikan agar adonan mudah digiling dan tidak lengket. Gunakan dua lembar plastik untuk melapisi adonan saat digiling dengan rolling pin, cara ini akan memudahkan saat menggiling adonan dan tidak lengket.

Celupkan cetakan kue kering yang digunakan ke dalam tepung terigu, agar adonan tidak lengket pada cetakan sehingga tidak merusak bentuk kue kering. Usahakan ketebalan adonan sama, jadi saat dipanggang kue kering akan matang sempurna. Ketebalan kue kering yang baik maksimal 2 mm, jika terlalu tebal maka kue kering akan keras dan tidak renyah. 4. Kue kering dibentuk dengan tangan

Jenis kue ini memang dibentuk dengan tangan. Namun, jangan terlalu lama memegang adonan dengan tangan, karena kue akan menjadi keras. Suhu panas tangan akan membuat adonan menjadi lembek, jangan buru-buru menambahkan tepung ke dalam adonan, sebaiknya bungkus adonan dengan plastik, lalu simpan di lemari es hingga adonan mulai mengeras kembali.

Baca: Memilih Oven Gas Terbaik untuk Membuat Kue dan Roti

5. Kue kering dipotong-potong

Adonan kue kering jenis ini harus dibekukan agar mudah dipotong-potong dan mendapat bentuk yang sempurna. Bentuk silinder dan bungkus adonan dengan plastik agar mudah dipotong dan tidak kering. Jika adonan dirasa sudah tak mengeras lagi, sebaiknya masukkan kembali ke dalam lemari es.

Dahrani Putri