Welcome, Prince of Cambridge!

By nova.id, Selasa, 30 Juli 2013 | 09:59 WIB
Welcome Prince of Cambridge (nova.id)

Welcome Prince of Cambridge (nova.id)

"Foto: Getty Images "

Hari yang dinanti akhirnya tiba juga. Senin (22/7) malam, Pangeran George Alexander Louis, buah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton lahir ke dunia. Prince of Cambridge, begitu ia akan disapa, langsung menempati posisi ketiga pewaris takhta Kerajaan Inggris setelah kakeknya, Pangeran Charles, dan sang ayah.

Kelahiran Pangeran George Alexander Louis ternyata tak dirasakan mudah oleh Kate Middleton. Meski akhirnya sukses melahirkan lewat proses normal, Kate harus melewati belasan jam proses persalinan. Sebelumnya, Senin (22/7) dini hari waktu London, Kate dilarikan ke RS St. Mary's di pusat kota London dari kediamannya di Istana Kensington.

Menurut keterangan resmi perwakilan istana, Kate pagi itu didampingi William mengendarai mobil pribadi mereka tanpa pengawalan berlebihan dari pihak kepolisian. Setibanya di RS St. Mary's yang memang sudah sejak lama direncanakan sebagai lokasi persalinan, Kate dan William langsung memasuki area Lindo Wing.

Nyaris 12 jam setelahnya, tepatnya pada pukul 16.24 waktu London atau sekitar pukul 21.24 WIB, sang bayi yang dinanti-natikan pun terlahir dengan kondisi selamat dan sehat. Menurut keterangan dokter kandungan yang menangani persalinan Kate, Marcus Setchell, George lahir dengan berat 8 pounds 6 ons atau sekitar 3,8 kilogram.

Pengumuman Tradisional

Menyusul pengumuman resmi kelahiran putra pertamanya, William mengeluarkan pernyataan singkat. "Saya tidak bisa lebih bahagia lagi dari sekarang," ungkap William yang memutuskan untuk menginap bersama Kate dan George di malam pertama usai kelahiran sang pangeran cilik di RS.

Uniknya, di malam pertama itu, hujan deras turun di sekitar Lindo Wing, tempat di mana Kate melewati persalinan dan menjalani proses recovery pasca melahirkan. Tak hanya hujan, petir yang cukup keras pun kerap terlihat menyambar di seputar RS St. Mary's malam itu.

Sementara itu, sesaat setelah kelahiran Pangeran George, pihak Kerajaan Inggris segera melakukan tradisi pengumuman yang cukup unik. Meski zaman sudah dikuasai teknologi digital dan internet, namun pihak Istana Kensington dan Istana Buckingham tetap mempertahankan tradisi yang sudah berjalan ratusan tahun itu.

Sore itu, seorang ajudan Kerajaan Inggris yang sudah ditunjuk membawa buletin khusus berisi dokumen resmi yang menyebutkan kelahiran Prince of Cambridge yang sudah ditandatangani oleh dr. Marcus Satchell, dokter kandungan Kate. Dikawal sejumlah petugas kepolisian, sang ajudan mengantarkan dokumen tersebut ke Istana

Buckingham. Sebelumnya, seorang petugas kerajaan yang berpakaian lengkap khas petugas kerajaan membacakan dengan lantang kabar kelahiran sang pangeran.

Setelah melewati inspeksi di istana, dokumen itu pun ditulis ulang di atas kertas surat resmi kerajaan kemudian dipajang di halaman depan Istana Buckingham agar seluruh rakyat Inggris bisa menyaksikan pengumuman dengan cara unik itu.

Pengumuman itu pun langsung disambut riuh bahagia ribuan warga London yang memang sudah berkumpul di halaman Istana Buckingham demi menyaksikan momen spesial itu. Tak lama setelahnya, pihak Istana Kensington menggelar jumpa pers yang menjelaskan bahwa George diberi gelar Prince of Cambridge.