Yogurt, Pilihan Baik untuk Berbuka Puasa dan Sahur

By Felicitas Harmandini, Kamis, 9 Juli 2015 | 04:15 WIB
Yogurt bisa menjadi pilihan baik untuk berbuka puasa dan sahur. (Felicitas Harmandini)

Masih banyak orang yang keliru memilih menu yang tepat untuk berbuka puasa maupun sahur. Sehingga, tubuh bukannya makin bugar selama berpuasa, malah pencernaan jadi terganggu. Kalau sudah begini, puasa bisa batal bukan? Lalu, apa sih menu pilihan yang baik untuk berbuka puasa dan sahur?

Selain memperbanyak minum air putih, makanan yang dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka harus memiliki kandungan yang seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Salah satunya, yogurt.

“Saat berpuasa, tentunya kita ingin mendapatkan manfaat yang baik, begitu pula bagi tubuh kita. Oleh karena itu, saat berpuasa kita harus mengimbangi nutrisi yang kita makan. Untuk berbuka puasa tidak disarankan dengan makanan yang mengandung karbohidrat simpleks, seperti gula yang berlebih. Sebaiknya berbuka dengan yang sehat, bukan yang manis,”  kata dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, saat talkshow “Semakin Sehat dengan Yogurt Saat Puasa” bersama Heavenly Blush di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta, Selasa (7/7) lalu.

Selain rasanya yang nikmat, yogurt juga mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti mineral, serat, protein,  bakteri baik, dan juga lemak yang cukup. Manfaatnya sangat beragam, seperti menyehatkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah jantung koroner dan menurunkan kolesterol. Yogurt juga merupakan sumber kalsium yang dapat mencegah tulang menjadi keropos.

Apa sih yang membuat manfaat yogurt begitu besar?

Yogurt adalah produk olahan susu yang dihasilkan oleh bakteri asam laktat Lactobacillus nulgarius dan Streptococcus thermophiles. Fermentasi dari laktosa menghasilkan asam laktat yang bekerja pada protein susu sehingga membuat yogurt lebih padat, memiliki tekstur dan aroma yang khas, serta berasa asam. Kombinasi kebaikan susu dan bakteri baik pada yogurt inilah yang membuatnya jadi menu pilihan yang baik untuk berbuka puasa dan sahur.

Yogurt baik dikonsumsi saat sahur karena mudah dicerna, tidak mengandung banyak lemak dan menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama. Konsumsi yogurt rendah lemak saat menjalankan puasa akan memenuhi kebutuhan kalori, lemak dan protein tubuh.

Michelle Margharetta