Sang Penari Film Terbaik FFI 2011

By nova.id, Minggu, 11 Desember 2011 | 02:10 WIB
Sang Penari Film Terbaik FFI 2011 (nova.id)

Sang Penari Film Terbaik FFI 2011 (nova.id)

"Prisia, Ifa, dan Shanty (Foto: Okki) "

Sang Penari, akhirnya dinobatkan sebagai film terbaik dalam  ajang Piala Citra Festival Film Indonesia 2011. Sang Penari menyisihkan film '?' (karya sutradara Hanung Bramantyo), 'Tendangan dari Langit' (Hanung Bramantyo), 'Masih Bukan Cinta Biasa' (Benni Setiawan),  dan 'Mirror Never Lies' (Kamila Andini).

Karya sutradara Ifa Isfansyah yang mengangkat tema penari ronggeng desa Dukuh Paruk itu meraup penghargaan untuk katagori pemeran pendukung wanita terbaik lewat Dewi Irawan,  Prisia Nasution untuk pemeran utama wanita, sutradara terbaik lewat Ifa Isfansyah, dan film terbaik. Prisia mengaku senang akhirnya  terpilih sebagai yang terbaik. "Perasaan aku senang dan lega banget dan masih enggak percaya sudah dapat penghargaan. Mudah-mudahan bias dapat lebih banyak lagi," kata Prisia sambil memamerkan pialanya.

Produser film Sang Penari, Shanty Harmayn mengaku puas dengan pencapaian yang diperoleh dari kerja keras timnya. Ia berharap,  di masa yang akan datang semakin banyak penonton film yang bisa memilah film-film berkualitas untuk disimak. "Mereka semua kerja keras untuk karyanya, jadi they deserve this," kata Shanty.

FFI tahun ini menyertakan 16 film nominasi dengan 12 kategori. Sang Penari yang didukung Kompas Gramedia Production meraih  9 nominasi FFI kali ini.

Daftar pemenang FFI 2011:

- Pemeran pendukung pria terbaik: Mathias Muchus - Pengejar Angin

- Pemeran pendukung wanita terbaik: Dewi Irawan - Sang Penari

- Penyunting gambar terbaik: Aline Jusria, Dinda Amanda - Catatan si Boy

- Pengarah artistik terbaik: fauzi - Tendangan dari Langit

- Penata musik terbaik: Thoersi Argeswara - The Mirror Never Lies

- Penata suara terbaik: Aditya Susanto, Ichsan Racmaditta - Masih Bukan Cinta Biasa

- Penulis cerita asli terbaik: Kamila Andini - The Mirror Never Dies