Rumah Tangga Susan Bachtiar Tanpa Kasih Sayang

By nova.id, Selasa, 30 November 2010 | 17:21 WIB
Rumah Tangga Susan Bachtiar Tanpa Kasih Sayang (nova.id)

Rumah Tangga Susan Bachtiar Tanpa Kasih Sayang (nova.id)

"Susan Bachtiar (Foto: Isna) "

Perkawinan Susan Bachtiar dan Sunardi Supangat akhirnya diputus cerai oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (30/11). Majelis menilai rumah tangga mereka tidak layak untuk dipertahankan lagi.

 "Keterangan saksi mengatakan, sering cekcok karena belum dikaruniai keturunan. Pertengkaran itu benar-benar sering terjadi seiring dengan berjalannya waktu.  Tidak ada lagi saling sayang dan cinta di antara keduanya, serta berubah menjadi siksaan," tutur Jhony Palayukan, Ketua Majelis Hakim usai sidang.

  Pihak keluarga sebenarnya sudah berusaha mendamaikan Susan dan suaminya. Namun itu pun tidak berhasil. "Mereka sudah terpisah tapi tidak ada upaya dari tergugat untuk menjemput penggugat guna bersilaturahmi kembali," jelas Jhony.

Karena hidup terpisah cukup lama dan tidak ada komunikasi, Majelis Hakim menilai sudah tidak ada lagi rasa sayang di antara mereka. Padahal, masih menurut Jhony, esensi dalam berumah tangga adalah adanya rasa sayang itu.  "Melihat faktor tersebut berarti kondisi rumah tangga mereka tidak kondusif untuk keduanya karena tidak ada rasa saling mempedulikan," tandas Jhony. Isna