Pelaku Video Mesum Dibuktikan Dengan Otot Wajah

By nova.id, Senin, 28 Juni 2010 | 01:26 WIB
Pelaku Video Mesum Dibuktikan Dengan Otot Wajah (nova.id)

Pelaku Video Mesum Dibuktikan Dengan Otot Wajah (nova.id)

"Luna Maya (Foto: Okki) "

Berbagai cara tengah diupayakan untuk membuktikan, siapa sebetulnya pelaku di video syur yang menghebohkan itu. Salah satunya yang disebut metode Micro Expression (ME), bagian dari ilmu Hipnoterapi Psikologi. Mardigu Wowiek Prasantyo (45), ahli ME, menjelaskan, ketiga bintang yang dituduh sebagai pelaku video itu, sebetulnya bisa dibuktikan dengan metode ME tadi.

"Persisnya, meneliti hati (perasaan) manusia melalui otot wajahnya," ujar Mardigu. Ilmu ini, katanya, bisa dibuktikan keakuratannya. "Kalau enggak, terorisme tidak akan terungkap. Sudah 437 orang teroris saya beginikan, lho," ungkap pria yang kerap dimintai bantuan polisi untuk mengungkapkan kasus terorisme ini.

Pengecualian, kata Mardigu, ia tidak bisa menerapkan ilmu ME ini kepada orang yang pernah melakukan botox. "Contohnya Krisdayanti. Saya tidak tahu seperti apa ekspresi wajahnya yang sesungguhnya karena kulit wajahnya terlalu kaku dan kencang."

Ia lalu memaparkan, wajah manusia terdiri dari 780 otot kecil. Tiap otot dikategorikan menurut eskpresi pada manusia. Pada kasus video panas itu, yang pertama dilakukan Mardigu adalah meneliti ekspresi wajah orang yang ada dalam video tersebut dan membandingkannya dengan foto mereka. Dengan tegas Mardigu berani menyimpulkan, ketiga orang tersebut benar seperti yang "dituduhkan" masyarakat. "Yang paling mungkin, ada orang yang mirip artis A, tapi pacarnya enggak mirip artis B. Kalau ada orang yang mukanya mirip artis A dan punya pacar yang wajahnya mirip artis B, kan, janggal sekali. Kalau ini (kebetulan) miripnya terlalu banyak."Ester