Slumdog Millionare, Film Pahit Berbuah 83 Penghargaan (2)

By nova.id, Selasa, 10 Februari 2009 | 04:05 WIB
Slumdog Millionare Film Pahit Berbuah 83 Penghargaan 2 (nova.id)

Slumdog Millionare Film Pahit Berbuah 83 Penghargaan 2 (nova.id)

""

Proses casting sudah dilakukan sejak September 2007. Dev Patel terpilih memerankan Jamal dewasa dan Freida Pinto sebagai Latika dewasa. Uniknya, Patel bukan pilihan pertama. Dari ratusan orang yng ikut audisi, pilihan pertama justru jatuh pada aktor Ruslaan Mumtaaz.

Belakangan, Ruslaan dianggap terlalu ganteng. Akhirnya Dev Patel yang berparas biasa-biasa saja, kejatuhan rezeki.

Untuk Patel, SM bukan akting pertamanya. Sebelumnya, ia pernah berperan di sebuah drama remaja yang tayang di stasiun televisi Inggris, dengan judul Skins. Di situ, Patel menjadi remaja Islam yang berdarah Inggris-Pakistan. Patel sendiri lahir dan besar di London, Inggris.

Namun, darah India yang mengalir di tubuhnya, membuatnya dekat dengan negara asal kedua orangtuanya tersebut. Selain itu, pembawaan Patel yang jujur dan membumi, membuat Boyle menjatuhkan pilihan padanya. "Waktu casting, aku mengajak ibuku karena dialah jimat keberuntunganku. Dan terbukti, kan?" tutur Patel.

Mengingat SM adalah film layar lebar pertamanya, Patel masih sering terlihat demam panggung. "Untung Boyle banyak membantu. Terutama ketika harus beradegan romantis," cerita Patel yang enggan disebut aktor hebat. "Ah, aku bukan siapa-siapa," ungkapnya merendah.

10 NOMINASI OSCAR Setelah usai dibuat, tragisnya SM nyaris terancam tidak bisa beredar di layar bioskop karena dianggap kurang komersial. Mei 2008, pihak Warner Independent Pictures selaku distributor justru menyarankan agar SM langsung dipasarkan dalam bentuk DVD, karena dinilai kurang menjanjikan untuk tayangan layar lebar.

Namun Agustus 2008, titik terang mulai tampak. Pihak Fox Searchlight Pictures bersedia membawa SM ke layar lebar. Keputusan yang pada akhirnya dianggap tepat, karena hingga tanggal 3 Februari 2009 lalu, keuntungan SM sudah mencapai angka 96 juta dollar, sejak pertama dirilis, November 2008.