Bentuk Wajah Seperti Apa yang Butuh Teknik Makeup Konturing?

By , Jumat, 24 Juli 2015 | 02:00 WIB
Bentuk wajah yang butuh teknik makeup konturing (Nova)

Tren makeup konturing harus diakui mulai diminati sejak pesohor sekaligus bintang reality show "Keeping Up with The Kardashians", yakni Kim Kardashian mempopulerkannya. Istri musisi Kanye West tersebut melesat menjadi selebritas perempuan nomor satu Hollywood yang mengedepankan tren makeup konturing ala Kim Kardashian.

Meski sudah setahun lalu, toh, tren makeup konturing yang diklaim membuat wajah nampak lebih tirus masih saja digilai banyak perempuan, terutama perempuan Indonesia yang umumnya diberkahi bentuk wajah bulat cenderung chubby.

Namun, apa sih sebenarnya fungsi konturing makeup pada wajah? Benarkah dibutuhkan oleh semua perempuan?

Sebelum bertanya langsung pada sejumlah makeup artist yang menjadi langganan pemotretan mode dan kecantikan di tabloidnova.com, beberapa fenomena terkait tren makeup konturing cukup menarik untuk disimak.

Sebut saja, saat produk kosmetik bronzer dan highlighters sangat cepat terjual di pasaran. Apapun mereknya, kedua produk di atas seakan-akan menempati posisi pertama yang diburu oleh semua perempuan ketika berbelanja makeup di toko kosmetik sekarang ini.

Baca: Graphic Bold Liner, Tren Makeup Ramadan 2015 Terinspirasi Timur Tengah

Fenomena ini terus mengikuti penampilan selebritas baik Indonesia maupun luar negeri yang akhirnya mengaplikasikan teknik makeup konturing demi meraih tampilan wajah lebih tirus.

Lalu, bentuk wajah seperti apa yang membutuhkan teknik makeup konturing?

“Sejujurnya sih, sebelum konturing heboh di luaran, banyak makeup artist sudah menerapkan gaya ini, cuma dulu disebutnya masih shading pipi, hidung, dagu atau dahi yang juga menggunakan sapuan warna cokelat lebih gelap dari kulit,” ungkap Puri Indah Sari, makeup artist profesional pada tabloidnova.com .

Baca: 5 Tren Kecantikan Sepanjang Masa dari Angelina Jolie

Puri pun berujar bahwa teknik makeup konturing memang menjadi dasar merias wajah yang dilakukan di tahap awal atau dalam demi menyamarkan kekurangan wajah yang chubby atau "tembem". Namun, ia pun tak menampik jika tidak semua perempuan membutuhkan teknik makeup konturing.

Baca: Yuk, Aplikasikan Tiga Tren Kecantikan 2015 Ini di Rumah!