Ini Akibatnya Bila Tas Sekolah Anak Terlalu Berat!

By , Selasa, 11 Agustus 2015 | 08:52 WIB
Cari tahu dampak bagi kesehatan punggung akibat tas sekolah anak yang terlalu berat. (Nova)

Sering dianggap sepele padahal sangat rentan, itulah yang terjadi pada masalah dampak tas sekolah anak yang terlalu berat. Bukan hanya akan merepotkan sang buah hati ketika pergi ke sekolah, akibat beban berat di bagian punggung anak justru akan memicu kelainan rangka tubuh serta kerusakan saraf saat dewasa nanti.

Baca: Terlalu Sering Bermain Gadget Memicu Nyeri Tulang Punggung

Masalah yang ditimbulkan akibat tas sekolah anak yang terlalu berat pada bagian punggung memang disebabkan oleh banyak faktor. Punggung juga akan bertambah sakit akibat olahraga yang salah, cara duduk yang salah atau terlalu lama tidak melakukan aktivitas serta jika anak membawa seluruh buku tulang punggung anak-anak yang terdiri dari 33 ruas tulang belakang yang terdapat cakram yang bertindak sebagai penyangga goncangan yang alami.

Baca: Hati-hati! Beban Berat pada Tas Sekolah Berisiko Fatal Bagi Anak

Selain itu, bila beban kelewat berat seperti misalnya tas punggung yang penuh dengan buku-buku yang ditempatkan secara tidak benar pada bahu anak, akkibatnya bisa mendorong tubuh anak ke belakang.   Nah, untuk mengimbanginya, anak biasanya menumpu ke depan pinggul atau melengkungkan punggungnya. Kondisi ini justru dapat menyebabkan tulang belakang anak menahan beban secara tidak alami. Karena beban yang berat, anak dapat mulai merasakan sakit pada bahu, leher, serta berisiko mengalami rasa sakit yang disebutkan di atas karena tubuh mereka yang kecil dan lemah dipaksa untuk membawa beban yang berat.

Baca: Kebanyakan Perempuan Membawa Beban 3-4 Kg dari Tas

Tak hanya itu saja, tas punggung dengan tali pengikat yang ketat dan sempit dan ditambah beban yang berat akan menarik bahu sehingga menganggu sirkulasi darah dan saraf anak-anak.

Jenis tali pengikat ini dapat menimbulkan rasa kaku dan lemas di bagian lengan dan tangan anak-anak. Tas punggung yang kebesaran dan berat tidak hanya merupakan penyebab sakit punggung pada anak, tetapi juga sakit di bagian tubuh yang lain serta kecenderungan kelainan rangka tubuh atau skoliosis.

Aline Sumber: Dokumentasi Tabloid Nova