Pengantin Baru tapi Jarang Bercinta? Anda Tak Sendiri

By , Rabu, 12 Agustus 2015 | 12:39 WIB
Pengantin baru yang jarang bercinta seringkali disebabkan tekanan yang diberikan pada diri sendiri. (Nova)

Anggapan umum yang beredar, pengantin baru akan sering bercinta karena sedang hangat-hangatnya. Mungkin, semula Anda pun mengira demikian. Tapi ternyata, belum setahun menikah tapi Anda merasa hubungan intim dengan pasangan tidak sedahsyat yang dibayangkan. Anda dan Si Dia pun jarang bercinta. Mengapa?

Apakah Anda mengalami hal tersebut? Jangan terburu-buru merasa kecil hati apalagi menganggap diri Anda tak menarik di mata suami. Pasalnya, Anda tak sendiri.

Baca: Penyebab Pria Tak Bergairah Diajak Bercinta

Sebuah riset yang dilakukan pada 6.000 responden menemukan fakta bahwa hanya 51 persen dari responden pun jarang berhubungan intim atau tepatnya tidak berhubungan seks dalam sebulan terakhir.

Pakar hubungan percintaan dari Relate.org.uk, percaya bahwa penyebab pasangan jarang bercinta sebenarnya adalah karena ada tekanan untuk melakukannya.

"Seringkali orang menempatkan begitu banyak tekanan pada diri sendiri untuk memiliki 'seks yang luar biasa'. Inilah yang akhirnya membuat mereka malah menghindari aktivitas ranjang sama sekali dan tidak bisa melihat hal-hal baik dalam aktivitas seks mereka,” ujarnya.

Maka dari itu, ia menyarankan untuk pasangan yang mengeluh karena merasa jarang bercinta, apalagi untuk pengantin baru, untuk mengubah pandangannya saat memandang aktivitas seksual.

Relate.org.uk pun melansir panduan alias tips untuk mengatasi keluhan jarang bercinta untuk pasangan baru maupun pasangan yang telah lama menjalin rumah tangga.

Ahli terapi psikoseksual yang membuat panduan tersebut, Cate Campbell, mengemukakan, "Menyedihkan mengingat begitu sedikit orang yang puas dengan kehidupan seksualnya. Menyedihkan pula mengetahui bahwa mereka memberi tekanan terlalu berat untuk diri sendiri demi mencapai seks yang hebat,” kata Campbell.

Melihat dan mensyukuri keintiman yang telah dilakukan Anda dan pasangan, tambahnya, akan menjadi sulit bila kita dibombardir kesan maupun pesan mengenai ‘bagaimana seharusnya seks dilakukan’.

Baca: 6 Alasan Menolak Bercinta

“Seks seharusnya tidak membuat kita kecewa. Ada hal banyak yang dapat mengubah situasi sehingga Anda dapat menikmati seks yang berkelanjutan dan memuaskan."