Wow! Selain Tingkatkan IQ, ASI Bikin Bayi Kaya Saat Dewasa

By , Rabu, 26 Agustus 2015 | 03:00 WIB
Selain Tingkatkan IQ, ASI Bikin Bayi Kaya Saat Dewasa (Nova)

Anggapan yang mengatakan bahwa ASI atau Air Susu Ibu adalah asupan terbaik bagi bayi mungkin benar adannya. Pasalnya, sebuah studi baru dalam jurnal Lancet Global Health telah menemukan adanya keuntungan jangka panjang untuk seorang bayi yang mendapatkan ASI dari ibunya.

Selain kesehatan dan kedekatan psikologis, manfaat ASI bagi bayi untuk meningkatkan IQ serta membuat bayi jadi kaya saat dewasa. Benarkah hal tersebut?

Sebuah studi dilakukan demi mengaitkan manfaat ASI dengan pendapatan bayi saat dewasa nanti. Studi tersebut melibatkan 6000 bayi secara acak di Brazil selama 30 tahun. Pemilihan lokasi ini pun penting untuk mendapat kesimpulan soal kaitan manfaat ASI dapat membuat bayi menjadi kaya saat dewasa nanti.

Baca: Kondisi Yang Tak Membolehkan Ibu Memberi ASI

Pasalnya, ASI tidak terkait dengan status sosial ekonomi seperti yang ada di Amerika, berbeda dengan kebanyakan bayi yang tinggal di Brazil untuk mendapatkan ASI, terlepas dari pendapatan orangtuanya.

Baca: Tingkatkan Kualitas ASI Demi Si Buah Hati

Penulis utama studi tersebut yakni Dr. Bernardo Lesse Horte, mengatakan, di Brazil baik ibu-ibu kaya atau yang miskin memberikan ASI pada bayi mereka dalam jumlah waktu yang sama. Hasilnya, ketika dewasa, bayi yang diberi ASI ditemukan memperoleh tambahan gaji hingga 100 dolar per bulan serta memiliki IQ lebih tinggi dengan rata-rata 3,7 poin.

Baca: Jual-Beli ASI Lewat Internet "Harusnya Tanpa Pamrih" (1)

Horte menambahkan bahwa semua orang harusnya memberikan ruang serta menciptakan lingkungan yang ramah bagi ibu menyusui. Dibutuhkan pula kebijakan publik dalam mendukung hal ini. Masyarakat nyatanya harus mengetahui pentingnya pemberian ASI yang dapat meningkatkan pendapatan bayi dan kadar intelegensi.

Monalisa Darwin/intisari-online.com/(mom.me)