8 Cara Ampuh Agar Kabin Mobil Bebas Bau

By nova.id, Sabtu, 6 Agustus 2016 | 06:00 WIB
Kabin Mobil Bebas Bau (nova.id)

Mobil yang terawat dan bersih luar dalam pasti akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan. Pemilik mobil pun lebih betah berkendara.

Tapi, ada salah satu gangguan yang kerap membuat mobil menjadi tak nyaman dikendarai yaitu bau kabin, entah karena bekas makanan, asap rokok, karpet yang lembap atau AC yang lama tak dibersihkan.

Padahal, untuk membersihkan mobil kesayangan agar selalu tampil prima dibutuhkan waktu dan ketelitian, meski kini sangat mudah ditemukan layanan jasa cuci dan salon mobil.

Nah, tak ada salahnya untuk sekali-sekali meluangkan waktu untuk membersihkan mobil sendiri. Selain lebih hemat, mobil juga lebih bersih karena dikerjakan sepenuh hati dan tidak terburu-buru demi mengejar waktu. Kabin pun tak akan bau sehingga nyaman dan segar saat dikendarai. Begini caranya:

1. Sebelum membersihkan kabin mobil, cuci bersih terlebih dahulu bagian luar mobil secara menyeluruh lalu keringkan. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan bagian interior, seperti mesin penyedot debu, sikat, kuas, cairan pembersih dan lap kering.

2. Turunkan barang-barang yang tidak harus selalu ada di dalam kendaraan. Misalnya sepatu, payung, atau sandal. Buang juga sampah yang ada di dalam mobil. Bersihkan sandal, sepatu dan payung dari kotoran sebelum kembali dimasukkan dalam mobil. Buka semua pintu mobil saat melakukan kegiatan ini agar sirkulasi udara dalam mobil terjaga baik.

3. Keluarkan karpet tambahan, sikat karpet untuk menghilangkan kotoran yang menempel sebelum menggunakan alat penyedot debu. Jika perlu, karpet dicuci dan dijemur hingga kering. Pastikan karpet kering sebelum kembali dipasang. Karpet yang lembap atau basah dapat menimbulkan bau tak sedap. Pasalnya, kondisi karpet lembap menjadi tempat sempurna tumbuhnya bakteri dan jamur dalam mobil.

4. Bersihkan dasbor dengan lap dan cairan pembersih yang tepat agar tidak merusak dasbor. Cairan pembersih yang tepat dapat dengan mudah dibeli di toko aksesori mobil atau supermarket. Dengan kuas berbulu halus, bersihkan sudut-sudut dasbor yang tidak terjangkau lap.

5. Perhatikan kebersihkan jok dan bagasi mobil, termasuk sela antar jok. Maksudnya agar tidak ada sisa makanan, sampah atau kotoran di dalamnya. Dibantu alat penyedot debu, proses pembersihan ini menjadi lebih maksimal. Rawat jok sesuai rekomendasi pabrik kendaraan atau bahan yang digunakan.

6. Setelah semua langkah dilakukan, nyalakan mesin mobil dan AC selama beberapa menit dengan pintu dan kaca pintu mobil terbuka. Tindakan ini dilakukan agar sirkulasi udara semakin lancar dan menyingkirkan sisa bau cairan pembersih dan bau tak sedap lainnya.

7. Untuk menjaga udara dalam kabin tetap bersih dan segar dikemudian hari, ada baiknya untuk menghindari aktivitas makan, minum dan merokok di dalam mobil. Ganti penyaring udara secara berkala. Kondisi dan kualitas penyaring udara yang baik mampu menjaga udara kabin selalu bersih, bebas debu dan menyingkirkan bau tidak sedap.

8. Bubuk kopi, cuka, baking soda dan arang kayu dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap dalam kabin. Caranya, pilih salah satu dari empat bahan yang ingin Anda gunakan. Letakkan bahan pilihan pada sebuah wadah terbuka.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, tidak ada salahnya meletakkan satu wadah di bagian depan dan satu wadah lagi pada bagian belakang mobil atau bagasi. Biarkan wadah berisi salah satu bahan rumahan itu selama 24 jam dalam mobil dengan pintu tertutup. Pastikan bahan-bahan tersebut tidak tercecer atau tumpah dalam kabin agar tidak menimbulkan masalah baru.

Edwin Yusman F./Dari berbagai sumber