Rahasia Cita Rasa Masakan Khas Seorang Ibu: Dibuat dengan Cinta

By , Selasa, 15 September 2015 | 10:12 WIB
Rahasia Cita Rasa Masakan Khas Seorang Ibu: Dibuat dengan Cinta (Nova)

Siapapun pasti mengangguk setuju kalau cita rasa masakan khas seorang ibu selalu terasa paling lezat dibandingkan semua makanan lainnya. Benar, kan?

Entah apa yang menyebabkan masakan buatan ibu menjadi begitu khas di lidah dan selalu dirindukan ketika kita berada jauh di rumah. Namun, masakan buatan ibu diyakini merupakan pilihan nomor satu ketimbang makanan racikan koki terkenal sekalipun.

Hal ini yang diutarakan oleh hampir semua ibu di Indonesia yang mengikuti survei Kembali ke Dapur Tabloid Nova. Pertanyaan paling sederhana seputar hal apa yang paling diingat dari masakan buatan ibu ternyata kompak dijawab oleh para perempuan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Secara keseluruhan, hasil survei Kembali ke Dapur Tabloid Nova mendapati bahwa rahasia cita rasa masakan seorang ibu ternyata karena dibuat dengan cinta kasih. Tak heran, semua masakan buatan ibu selalu sedap di lidah. Seperti yang diungkapkan oleh Rossi Irawan (36), ibu rumah tangga asal Bandung, Jawa Barat.

Baca: 8 dari 10 Ibu di Indonesia Lebih Suka Memasak Menu Makan Malam Keluarga di Rumah

“Saya paling ingat dengan aroma, rasa dan lezatnya masakan mama saya yang tidak ada tandingannya. Menurut lidah saya, masakan mama sangat luar biasa. Meskipun menunya sederhana, tapi tetap enak dan khas,” ujar Rossi.

Rossi bukanlah satu-satunya, Ike Luxy Aurini (24) wiraswasta asal Tulungagung, mengungkapkan jika masakan buatan ibu diracik dengan kasih sayang sehingga terasa pas, beraroma kuat dan sesuai selera lidah anak dan keluarga.

“Masakan paling enak sedunia adalah masakan ibu. Seorang ibu memasak didorong oleh cinta kasih dan keikhlasan pada anaknya. Berbanding terbalik dengan seorang chef yang memasak karena ganjaran bayaran komersial,” kata Putri Mutiara (24), ibu rumah tangga asal Jawa Tengah. . Walaupun masakan buatan ibu biasanya cenderung sederhana dan tradisional, tapi alasan ini yang justru semakin menyebabkan hasil olahan masakannya sangat lezat. Sebagian perempuan yang kini menjadi ibu juga mengakui jika cara memasak seorang ibu terkadang tidak ada aturannya, sebab kombinasi bumbu dan takaran bahan-bahannya disesuaikan kesukaan keluarga.

Baca: Ratih Ibrahim: Memasak Bersama Keluarga Adalah Terapi

“Istimewanya masakan buatan ibu itu justru karena kesederhanaannya. Dimasak sendiri dengan tangan dan disajikan saat panas dan lapar. Masakan paling kurindukan adalah ikan palomara, makanan khas Sulawesi Selatan. Bahan dasarnya adalah ikan bandeng yang mirip seperti dipindang tapi ada rasa asam dan buah belimbing dan manisnya kecap. Proses pembuatannya didiamkan sampai besok hingga bumbunya meresap ke tulang,” cerita Febri Ratna (34), wiraswasta asal Makassar.

Kebiasaan memasak ternyata juga membuat masakan buatan ibu menjadi spesial. Survei Kembali ke Dapur Tabloid Nova menemukan bahwa cita rasa masakan ibu bisa dikarenakan cara memasaknya yang unik, seperti selalu ditumis terlebih dahulu agar aromanya semakin kuat dan bumbunya meresap.

“Masakan ibu yang paling saya ingat adalah ikan mas masak kuning campur terung bulat khas Palembang-Palagram. Apalagi kalau pakai tempoyak atau durian yang difermentasi, harum dan rasanya bikin napsu makan,” kenang Umi Kalsum (29), ibu rumah tangga asal Medan.