Angka Pencurian Mobil Meningkat, Lakukan Ini Saat Parkir Kendaraan

By nova.id, Kamis, 1 Oktober 2015 | 04:00 WIB
Cegah mobil dari tangan jahil (nova.id)

Tahukah Anda, setiap tahun jumlah motor dan mobil di Jakarta meningkat sebesar 12 persen? Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, jumlah kendaraan bermotor di Jakarta dan sekitarnya bertambah sebanyak 5.500 hingga 6.000 unit kendaraan per hari. Jumlah tersebut didominasi oleh pertambahan sepeda motor yang mencapai 4.000 hingga 4.500 per hari. Sedangkan kendaraan roda empat mengalami pertumbuhan sebanyak 1.600 unit per hari. Jumlah tersebut berdasarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dikeluarkan Samsat Polda Metro Jaya setiap harinya.

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor ternyata juga diiringi oleh peningkatan jumlah pencurian kendaraan bermotor. Berdasar data Polda Metro Jaya, pencurian kendaraan bermotor roda empat merupakan kasus yang mengalami peningkatan paling tinggi, yakni sebesar 17 persen.

Pada tahun 2013, terjadi 966 kasus pencurian, naik 38 kasus dari 828 laporan yang diterima pada 2012.

Di wilayah Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat misalnya, hingga Oktober 2014 tercatat 592 kasus pencurian sepeda motor dan mobil. Jika dirata-ratakan, terjadi minimal dua kali pencurian kendaraan bermotor dalam sehari di wilayah ini.

Pencuri profesional memang tak butuh waktu lama untuk mencuri kendaraan, mobil khususnya, bahkan bisa dibilang hanya dalam hitungan detik. Jadi, tak ada ruginya pemilik mobil menambah pengaman ekstra supaya tak menjadi korban tangan jahil pencuri. Berikut tips untuk mencegah mobil kesayangan hilang digondol pencuri.

 Pilih area parkir yang memiliki penerangan cukup.

Garasi, jalan raya, atau tempat parkir sebaiknya memiliki penerangan yang cukup. Ini akan membuat pencuri berpikir ulang sebelum memutuskan mencuri mobil Anda. Garasi rumah pun sebaiknya diberi lampu penerangan yang cukup. Jika Anda kebetulan harus memarkir mobil di pingir jalan, sebisa mungkin parkir mobil di bawah lampu penerangan jalan. Begitupun jika Anda hendak parkir di areal parkir tertentu, di dalam mal misalnya, pilih sudut parkir yang memiliki lampu penerangan yang cukup.

Jauhkan mobil dari pintu keluar.

Pencuri akan lebih memilih mengambil mobil yang berada dekat dengan pintu keluar karena mereka akan bisa dengan mudah melarikan diri. Jadi, hindari memarkir kendaraan di areal dekat pintu keluar. Sebisa mungkin, parkir mobil di tengah-tengah kepadatan mobil lain. Ini akan membuat pencuri mobil lebih lama mengeluarkan mobil dari tempat parkir. Jika punya lebih banyak waktu, perhatikan apakah areal parkir memiliki kamera pengawas (CCTV). Atau tanyakan kepada petugas keamanan setempat dimana letak kamera pengawas. Lalu, parkirkan mobil Anda di area dimana mobil masuk dalam pantauan kamera pengawas.

Kunci semua pintu

Sepertinya ini sepele, tetapi seringkali pemilik mobil lupa menutup dan mengunci pintu, juga jendela mobil. Ini tentu situasi yang menguntungkan bagi para pencuri mobil. Jadi, sebelum meninggalkan mobil, cek dan cek kembali apakah semua pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci. Bahkan ketika Anda parkir di wilayah yang Anda anggap aman sekalipun, jangan lupa untuk mengunci dan mengecek pintu mobil. Seringkali terjadi, pencurian mobil terjadi di areal rumah karena pemilik merasa aman dan meninggalkan mobil dalam keadaan tak terkunci.

Tambahkan kunci pengaman dan alarm.