Alasan Penis Sering Terasa Sakit saat Berhubungan Seks

By nova.id, Sabtu, 26 September 2015 | 07:30 WIB
Alasan Penis Sering Terasa Sakit saat Berhubungan Seks (nova.id)

Seorang pria, 25, mengisahkan ketika berhubungan seks dengan istrinya, ia merasakan kesakitan. Awalnya ia mengabaikan saja, tapi kemudian ia menemukan kenyataan bahwa ia tidak bisa menarik kembali kulupnya bahkan ketika penis ereksi. Apakah itu normal? Ataukah sedang menderita masalah? Apakah ini alasan penis terasa sakit saat berhubungan seks?

Pria tersebut menderita sebuah kondisi yang dikenal sebagai phimosis atau paraphimosis, yang keduanya menjadi penyebab penis terasa sakit saat berhubungan seks.

Dalam kasus phimosis, kulup pada penis terlalu ketak untuk menarik kembali di atas kepala penis sepenuhnya. Namun, jika kulup tidak dapat kembali ke posisi normal setelah ditarik dan terselip di balik penis, kondisi ini disebut sebagai paraphimosis.

Baca: Bukan Cinta, 5 Tanda Pria Hanya Tertarik Secara Seksual pada Anda

Tidak banyak yang bisa dilakukan dengan kondisi tersebut. Terlibat dalam seks bisa sangat menyakitkan dan tidak ada cara alami atau sementara untuk menghadapinya. Pilihan pengobatan yang paling umum untuk menyingkirkan derita ini adalah menjalani sunat. Dalam hal ini, lapisan dalam kulup dilakukan pembedahan dengan dipotong sehingga kulup dipisahkan dari glans untuk membebaskan penis.

Meskipun sunat tidak mempengaruhi kehidupan seksual, kebanyakan orang yang melakukannya akan merasa bahwa penis terlihat berbeda setelah operasi tersebut. Tetapi sebaiknya berkonsultasi dengan ahli  urologi atau ahli seks sebelum memutuskan sendiri apa yang harus dilakukan pada tubuh Anda.

K. Tatik Wardayati/intisari-online.com (thehealthsite)