Agar Tak Tertipu Saat Belanja Online, Ini Rumusnya

By nova.id, Senin, 5 Oktober 2015 | 06:43 WIB
Agar tak tertipu saat belanja online, kenali dulu jenis toko online dan karakteristiknya. (nova.id)

Di zaman dengan teknologi yang serba modern ini, banyak tersedia teknologi canggih yang dapat mempermudah aktivitas. Bukan semata untuk mengerjakan urusan kantor, teknologi ini juga bisa memudahkan kita saat berbelanja. Sekarang, tak perlu repot lagi menerobos macet untuk membeli suatu barang langsung ke tokonya. Cukup dengan internet, barang yang diinginkan bisa langsung dipilih dan tinggal tunggu dikirim ke alamat kita. Kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah belanja online alias online shopping.

Namun sayang, seiring dengan berkembangnya online shopping ini, modus-modus kejahatan pun semakin berkembang. Mungkin Anda sering mendengar, kasus penipuan melalui online shopping sangat marak belakangan ini.

Agar kejadian itu tak terjadi pada Anda, maka harus hati-hati memilik tempat belanja agar tak tertipu saat belanja online.

Nah, simak tips agar tak tertipu saat belanja online berikut ini agar Anda bisa memilih dan menunggu barang sampai dengan aman dan nyaman.

Baca: 5 Toko Online Populer di Seluruh Dunia

1. Website Terpercaya

Sebelum memulai belanja online, cari tahu dulu di manakah website jual-beli yang terpercaya? Coba browsing dengan saksama. Pelajari, bagaimana cara kerja toko online yang akan Anda akses.

Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional dan diakui keamanannya. Ebay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia. Ada juga jd.id yang merupakan jaringan dari jd.com, commerce ternama dari negeri China.

2. Hindari Harga yang Terlalu Miring

Jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring atau murah, karena harga yang terlalu murah itu justru patut dicurigai. Pasalnya, harga pasti sebanding dengan kualitas. Sehingga tak mungkin seorang penjual mau menjual barang berkualitas dengan harga yang terlalu murah. Karena jelas, itu bisa merugikan mereka. Hal ini yang patut diwaspadai di commerce berbentuk marketplace.

3. Kenali Produk

Kalau ingin membeli suatu produk, sebaiknya browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli. Kenali tentang produk tersebut, apa saja kelengkapannya, dan berapa kisaran harga umumnya. Jd.id, memberikan informasi lengkap seputar sebuah produk yang ia jual. Mulai dari spesifikasi, foto produk, dan kelengkapannya, untuk dijadikan bahan perbandingan. Sehingga, pembeli bisa mencocokkannya dengan info yang didapat di luaran.