Waspadai Orang Asing, Cara Cegah Kekerasan Seksual Anak Sejak Dini

By nova.id, Selasa, 6 Oktober 2015 | 04:00 WIB
Waspadai Orang Asing, Cara Cegah Kekerasan Seksual Anak Sejak Dini (nova.id)

Menurut Hana Yasmira, MSi., Parenting Communication Specialist, cara mencegah kekerasan seksual anak sejak dini dapat dilakukan dengan mewaspadai orang asing. Empat panduan yang diajarkan kepada Si Kecil ini diharapkan dapat melatih ia bereaksi saat orang asing berperilaku tidak wajar kepada mereka. Apa saja empat langkah mewaspadai orang asing sebagai cara mencegah kekerasan seksual anak sejak dini?

Laporkan kecurigaan Beri tahu anak siapa saja yang bisa dipercaya dalam lingkup keluarga dan sekolah. Ketika ada orang lain di luar daftar tersebut, anak patut curiga dan mengomunikasikannya kepada orangtua atau guru di sekolah.

Baca: Cegah Kekerasan Seksual pada Anak dengan Pedoman Aturan Pakaian Dalam

Dari orang dekat Dalam kebanyakan kasus, pelaku adalah seseorang yang dikenal oleh anak. Ini membuat anak sulit memahami bahwa apa yang dilakukan orang tersebut adalah bentuk penyiksaan. Untuk mengatasi hal ini, orangtua tak boleh putus komunikasi dengan anak. Tanyakan setiap hari, apakah ada seseorang yang memberikannya hadiah atau memperlakukan dia lebih dari biasanya?

Orang tak dikenal Pelecehan seksual juga bisa dilakukan orang asing. Ajarkan aturan sederhana kepada anak tentang tata cara bersikap dan berbicara dengan orang asing, termasuk ajaran menolak berada satu mobil dengan orang yang mereka tidak kenal. Anak pun diajarkan tidak menerima hadiah dari orang asing dan harus menolak ajakan bermain di luar sekolah.

Baca: Mengerikan, Dampak yang Akan Dialami Anak Korban Kekerasan Seksual

Pemberi pertolongan Anak-anak harus tahu bahwa selain orangtua, ada orang profesional yang dapat membantu mereka bila ada orang lain yang berbuat tidak sopan. Biasakan dia untuk melapor misalnya pada guru, polisi, pekerja sosial, atau psikolog sekolah.

Hasto Prianggoro