Ini Pentingnya Kontak Tubuh Ibu dengan Bayinya yang Baru Lahir

By nova.id, Kamis, 15 Oktober 2015 | 05:46 WIB
Pentingnya Kontak Tubuh Ibu dengan Bayinya yang Baru Lahir (nova.id)

Sadar atau tidak, buah hati Anda yang baru lahir ke dunia memang membutuhkan kontak langsung dengan sang ibu. Bukan hanya demi menjalin ikatan emosional antara ibu dan si anak, ternyata terdapat tujuan kontak tubuh ibu dengan bayinya yang baru lahir lainnya. Seperti yang dilansir oleh magforwomen.

Apa saja manfaat pentingnya kontak tubuh ibu dengan bayinya yang baru lahir? Berikut ulasannya:

Pertama, ketika bayi yang baru lahir disentuh atau dipegang ibunya, maka akan membuat rasa aman serta membantu bayi bernapas dengan normal dan memastikan pola denyut jantungnya pada tingkat yang normal pula. Dengan sentuhan atau pelukan dari ibunya, maka akan mengurangi tangisan pada bayi yang baru lahir dan juga mengurangi stres karena baru saja berada di lingkungan baru yang sepertinya menakutkan.

Baca: Bayi Tak Perlu Tidur dengan Bantal dan Selimut

Kedua, tidak hanya seorang ibu yang mengalami tekanan selama dan setelah lahir, namun bayi juga. Hal ini karena bayi mencoba untuk keluar dan memahami dunia baru. Dengan kontak tubuh bersama ibu, maka akan menstabilkan kadar gula darah mereka dan membantu menormalkan suhu tubuh mereka.

Ketiga, kontak tubuh antara ibu dan bayinya tentu dapat menjalin ikatan atau hubungan pada ke duanya. Selain itu, dengan bersentuhan dengan bayi maka akan mengurangi kecemasan serta mengurangi nyeri pasca melahirkan pada ibu.

Baca: Sudah Tahu, Aturan Penggunaan Gendongan Bayi yang Aman?

Ketika ibu memeluk bayinya atau mendekatkannya di dada, maka akan memunculkan naluri bayi untuk menyusui (ASI). Sehingga ini akan memudahkan bayi terbiasa mendapatkan asupan ASI.

Nah, bagi Anda yang belum tahu atau mungkin sedang mengandung buah cinta yang pertama, maka jangan lupakan pentingnya kontak tubuh ibu dengan bayinya yang baru lahir

Baca: 6 Trik Meredakan Tangisan Bayi

Monalisa Darwin/intisari-online.com Sumber: magforwomen