Menjawab Pertanyaan Anak Tentang Asal-Usul Bayi

By nova.id, Sabtu, 24 Oktober 2015 | 04:00 WIB
Tips berteman dengan anak tiri dan mengambil hati anak tiri agar hubungan menjadi harmonis. (nova.id)

Anak-anak selalu dipenuhi dengan rasa penasaran yang tinggi. Namun, sebagai orangtua, kita juga harus menjawab dengan bijaksana. Dalam artian, sesuai dengan usia pemahamannya, serta tidak mengelabui. Sering kali, kita kebingungan menjawab pertanyaan sulit dari anak. Bagaimana bila anak bertanya mengenai asal-usulnya dan mengapa hanya perempuan yang bisa melahirkan?

Hanny Muchtar Darta, Parenting Consultant dan PSYCH-K Practitioner dari Radani El Centre memberi trik menjawab pertanyaan sulit dari anak, usia balita hingga pra remaja.

1. “Bayi datangnya dari mana?”

“Sayang, bayi itu pemberian Tuhan, datangnya dari rahim Ibu. Setelah mengandung 9 bulan, bayi lahir ke dunia. Kamu dulu di perut Ibu juga dan setelah itu dilahirkan. Kamu dilahirkan dengan proses operasi sesar, ada dokter yang mengeluarkan bayi dari perut. Jika melahirkan normal, keluar dari vagina Ibu.“

2. “Kenapa Ibu bisa hamil sedangkan ayah tidak?”

“Sayang, Ibu bisa hamil karena Ibu seorang perempuan, sedangkan ayah tidak bisa hamil karena laki-laki. Di perut Ibu ada rahim tempat bayi tumbuh, sedangkan di perut ayah tidak ada. Jadi Ibulah yang hamil, dan ayah tidak hamil”.

Baca: Cara Bijak Menjawab 11 Pertanyaan Sulit dari Anak

Hilman Hilmansyah