4 Gejala Anda Kekurangan Asupan Makanan

By nova.id, Selasa, 27 Oktober 2015 | 04:00 WIB
4 Gejala Anda Kekurangan Asupan Makanan (nova.id)

Terkadang tanda tubuh kekurangan nutrisi bisa terlihat. Namun, sering kali kita mengabaikannya karena merasa sudah makan dengan benar. Banyak juga perempuan yang tak mau makan banyak karena takut berat badannya naik, padahal tubuh kita memerlukan makanan untuk sumber energi. Inilah 4 gejala kekurangan asupan makanan:

Menghindari makan setelah berolahraga Banyak perempuan yang menolak makan setelah mereka berolahraga karena merasa makanan bisa “membatalkan” pembakaran kalori. Padahal, prosesnya tidak sesimpel kalori masuk dan kalori keluar. Setelah berolahraga, tubuh kita memerlukan nutrisi untuk mengembalikan energi.

Baca: Waspadai 3 Tanda Tubuh Kekurangan Serat

Jadi, makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membangun blok-blok sel yang membantu memulihkan tubuh setelah kehilangan cairan dari olahraga. Faktanya, makan setelah olahraga justru ‘menyembuhkan’ atau membuat kita lebih kuat. Justru menolak makan setelah olahraga malah membuat kita semakin lemah, dan akhirnya memengaruhi kinerja kita. Jika sudah begitu, segera cari makanan untuk mengembalikan nutrisi.

Lelah sepanjang waktu Ketika istirahat, tubuh pun membutuhkan kalori untuk menunjang fungsi vital tubuh (jantung berdetak, paru-paru bernapas, dan sirkulasi darah). Ketika asupan kalori tidak sesuai dengan yang kita butuhkan maka tubuh akan merasakan efeknya seperti kurang energi, mudah marah, mood memburuk, tidak fokus dan kurang tidur. Jika merasakan hal tersebut, itu adalah gejala kekurangan asupan makanan.

Baca: Waspadai Kelebihan dan Kekurangan Vitamin-Mineral

Siklus menstruasi tidak teratur Meskipun banyak alasan menstruasi tidak teratur, namun hal tersebut sering terjadi karena tubuh kita kurang nutrisi untuk mengimbangi jumlah hormon yang ada. Ketidakseimbangan ini bisa menyebabkan penipisan tulang sehingga meningkatkan risiko patah tulang dan osteoporosis. Osteoporosis memang sering terjadi pada perempuan yang sudah tua, tapi ada juga perempuan yang berusia 20 hingga 40an yang terkena osteoporosis karena kekurangan makan dan kurang kalsium.

Sering sakit Kurangnya nutrisi bisa melemahkan kekebalan tubuh. Dan perlu digarisbawahi, meminum jus hijau, atau mengonsumsi vitamin C dan suplemen tidak bisa mengganti makanan. Jadi, jika Anda sering sakit, coba lihat kembali pola diet Anda. Apakah makanan yang dikonsumsi sehari-hari sudah memenuhi kebutuhan tubuh?

Itulah 4 gejala kekurangan asupan makanan yang perlu Anda perhatikan agar tidak pernah terjadi kepada anggota keluarga kita.

Baca: Jangan Salah Kaprah, Ini Ciri Anak Anda Butuh Suplemen

Gita Laras Widyaningrum/intisari-online.com Sumber: Time