Seorang Mahasiswa Meninggal saat Kegiatan Menwa, Keluarga Korban Angkat Bicara

By nova.id, Selasa, 27 Oktober 2015 | 03:07 WIB
Suasana duka di rumah Daniel di Bekasi (nova.id)

Daniel Vicli Pardamean Tambunan (18) meninggal dunia saat mengikuti kegiatan Pra Pendidikan Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bela Negara atau Resimen Mahasiswa (Menwa) di kampusnya Atma Jaya, Jakarta.

Terkait kejadian ini, pihak keluarga masih menunggu penjelasan resmi mengenai sebab kematian Daniel. Hal ini disampaikan Mawardi (49), adik sepupu ibu kandung korban, di rumah duka di Taman Tridaya Indah, Kelurahan Tridaya Sakti, Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi, Senin (26/10/2015).

"Sama sekali belum dari kampus dan dari yang penyelenggara kegiatan ini. Dan kita masih menunggu ini. Dari kejadian kemarin dehidrasi masuk rumah sakit sampai sekarang belum ada kejalasan dari kampus. Itu aja masalahnya. Ya kita keluarga juga ingin tahu," kata Mawardi Sinaga, kepada Kompas.com, Senin malam.

Mawardi mengatakan, keluarga ingin mendengar penjelasan detail dari pihak kampus soal kejadian yang merenggut putra semata wayang Victor Tambunan dan Uli Simbolon tersebut. Meskipun, malam ini pihak Pembantu Rektor sudah mendangi rumah duka dan bertemu dirinya.

"Pureknya sudah datang tapi kami minta penjelasan dan klarifikasi resmi," ujar Mawardi.

Baca juga: Seorang Mahasiswa Dikabarkan Meninggal Saat Ikuti Kegiatan Menwa

Saat disinggung apakah keluarga hendak menempun jalur hukum, Mawardi menyatakan keluarga belum sampai pada tahap itu.

"Enggak sampai ke situ. Kita hanya berharap pihak kampus menjelaskan kepada kita secara detail ada apa ini. Tadi saya sudah garis bawahi saja, bahwa hidup mati seseorang di tangan Tuhan," ujarnya.

Sebelumnya, Daniel mengikuti kegiatan Menwa yang berlangsung dari hari Kamis (22/10/2015) hingga Minggu (25/10/2015). Daniel tidak mengikuti kegiatan itu sampai selesai. Pada hari Sabtu (24/10/2015) pukul 19.30 WIB, Daniel dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Siloam.

Dari RS Siloam, Daniel dirujuk untuk dirawat secara intensif ke RS Jakarta. Meski telah dirawat, Daniel dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit pada Senin dini hari. Saat ini, jenazah Daniel telah dibawa ke rumah duka, daerah Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Pihak kampus mengaku belum tahu apa yang menyebabkan Daniel meninggal.

Adapun kegiatan Menwa itu bekerja sama denhgan Koramil Setiabudi, dengan menghadirkan pelatih dari Koramil langsung. Kegiatan tersebut di bawah pengawasan Biro Kemahasiswaan Alumni dan Bimbingan Karir (BKAK) yang bertanggung jawab kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan.

Robertus Belarminus / Tribun