Modifikasi Kebaya Muslim ala Irna Mutiara di Jakarta Fashion Week 2016

By , Selasa, 27 Oktober 2015 | 09:00 WIB
Koleksi busana kebaya muslim Irna Mutiara di Jakarta Fashion Week 2016. (Nova)

Sulit melepaskan sosoknya dari identitas busana hijab syar’i yang melekat kuat dibalik nama seorang Irna Mutiara. Berangkat dari keterlibatannya sebagai salah satu pendiri label busana muslimah yang praktis dan simpel, yaitu Up2date. Irna membangun bisnisnya sendiri dengan memilih spesialisasi busana muslim pada tahun 1996 silam.

Setahun yang lalu, Irna Mutiara juga menggelar peragaan busana tunggal perdananya yang bertajuk ‘Luminescence’ di Hotel Grand Mahakam, Jakarta, untuk label busana pengantin muslimah dan pakaian pesta muslimah yang berada di bawah merek Irna La Perle.

Baca: Irna Mutiara Buka-bukaan Tentang Tips Sukses Berbisnis Fashion

Mengikuti perkembangan kiprah Irna Mutiara di dunia mode, Irna memang memiliki garis rancangan yang khas. Tanpa perlu memilih jalur mainstream, potongan busana hijab santun yang menutupi lekuk tubuh mampu diterjemahkah perempuan kelahiran Bandung tersebut dalam gaya yang lebih elegan, modern dan mewah, yang jauh dari kesan ‘berlebihan’ atau terlalu biasa.

Baca: Luminescence: Kemilau Tren Busana Pengantin Muslimah 2015 oleh Irna La Perle

Seperti Beauty of Indonesia, deretan karya yang ia hadirkan di panggung runway Fashion Tent, Jakarta Fashion Week 2016, di Senayan City, Jakarta, kemarin (26/10). Dalam koleksi busana kebaya muslim Irna Mutiara di Jakarta Fashion Week 2016, Irna bermaksud menunjukkan keindahan detail busana Indonesia seperti kain tradisional dan bordir yang menjadi inspirasi tajuk utama Asia Rising, persembahan Kementerian Perindustrian dan Hijabersmom Community.

Baca: Kemegahan Budaya Islam di Andalusia dalam Koleksi Irna La Perle

Koleksi kebaya muslim Irna Mutiara di Jakarta Fashion Week 2015 dihiasi ragam busana modest bernuansa putih biru berpadu cantik dengan material tafeta, organdi silk, lace dan detail bordir asal Tasikmalaya sebagai pemanis sekaligus penguat unsur mewah.

Menariknya, aneka siluet kebaya yang merupakan busana tradisional Indonesia, sebut saja kebaya Kartini dan kebaya Kutu Baru dimodifikasi sedemikian rupa tanpa terlihat berlebihan, namun santun nan elegan mengikuti kaidah busana muslim yang semestinya. Sungguh karya yang apik!