10 Fakta Berhubungan Intim Saat Hamil yang Aman dan Nikmat

By nova.id, Kamis, 29 Oktober 2015 | 08:40 WIB
Berhubungan intim saat hamil harus disesuaikan dengan usia kandungan. (nova.id)

Berhubungan intim saat hamil memang kadang menjadi rumit. Apakah ini aman untuk kandungan? Posisi apa yang tepat untuk saya? Dan pertanyaan lain, mungkin sering membuat Anda dan suami khawatir.

Pahami dulu bahwa akan banyak ha yang berubah ketika Anda mengandung. Mulai dari tubuh yang terasa melemah, emosi yang mudah berubah, belum lagi kita sering kekurangan tidur karena waktu posisi yang kurang nyaman.

Memang ada beberapa perubahan termasuk dalam berhubungan intim saat hamil. Berikut adalah beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang berhubungan intim selama periode ini.

1. Disarankan pantang berhubungan intim di trimester pertama

Setiap pasangan sebaiknya jangan berhubungan intim selama trimester pertama. Hal ini karena selama trimester pertama, plasenta dan semua organ janin sedang dikembangkan. Terlalu banyak entakan dapat menimbulkan risiko bagi kehamilan, bahkan menyebabkan keguguran.

2. Gairah seks perempuan melonjak di trimester kedua

Selama trimester kedua, banyak perempuan mengalami lonjakan hormon (termasuk testosteron), yang secara signifikan dapat meningkatkan gairah seks.

Pada saat yang sama, kerap kali pria pun merasa lebih senang melihat tubuh sang istri yang tengah menginjak trimester kedua kandungan. Ini karena payudara ibu hamil trimester dua akan bertambah besar.

3. Payudara wanita mungkin mengeluarkan sedikit cairan saat berhubungan seks

Ini biasanya dimulai pada trimester kedua. Kondisi ini bisa jadi terasa sulit bagi sebagian pria, karena ia harus menerima kenyataan bahwa payudara sang istri tak lagi hanya untuk kenikmatan seksualnya, melainkan sudah memiliki fungsi lain yaitu menyusui.