5 Inspirasi Mengagumkan dari Gusti Noeroel untuk Perempuan Masa Kini

By nova.id, Rabu, 11 November 2015 | 07:52 WIB
Gusti Noeroel meninggal dunia di usia 94 tahun. (nova.id)

Mencari tahu tentang kehidupan Gusti Nurul, putri keraton yang meninggal kemarin (10/11) pagi, ibarat mengikuti aktivitas perempuan masa kini.

Tak berlebihan bila sosok ini dibilang nyaris sempurna. Sebagai perempuan kelahiran 1921 yang menjalani kehidupan remaja pada masanya, pemikiran Gusti Nurul begitu maju. Memerhatikan cara berpakaiannya di foto-foto yang terpampang di Ullen Sentalu, jelas terlihat bahwa cara berpakaiannya sungguh modis dan berani beda.

Baca: Putri Keraton Gusti Noeroel yang Tolak Cinta Soekarno, Meninggal Dunia

Kecantikannya pun tak perlu diragukan lagi. Para pembesar negara saat itu, mulai dari Bung Karno hingga Sutan Sjahrir, mengagumi kecantikannya. Ditambah, ia menghargai diri dan kebebasannya sebagai perempuan, dengan menolak poligami.

Banyak fakta menarik mengenai Gusti Noeroel. Mulai dari keterlibatannya dalam proses pembuatan merek kecantikan tersohor di Indonesia, hingga ungkapannya tentang posisi perempuan dalam pernikahan.

Meski ia memang tak terlalu diketahui masyarakat luas, tapi mari mulai berkenalan dengan sosok putri keraton dengan pemikiran yang luar biasa maju ini. Berikut 5 fakta tentang sosok Gusti Noeroel yang bisa dijadikan inspirasi hidup perempuan masa kini.