Studi: Terinfeksi Cacing Gelang Bikin Perempuan Cepat Hamil

By , Senin, 23 November 2015 | 11:45 WIB
Perempuan Bisa Subur dan Cepat Hamil Jika Terinfeksi Cacing Gelang? (Nova)

Seperti halnya cacing parasit yang ada di dalam tubuh anak-anak yang menyebabkan ia susah makan atau susah gemuk. Terinfeksi cacing parasit begitu identik dengan sifat buruk. Namun, temuan terbaru dari para ilmuwan justru sebaliknya. Kabarnya, cacing gelang bisa meningkatkan kesuburan perempuan. Dengan kata lain, cacing gelang dapat membuat perempuan cepat hamil. Benarkah?

Ascaris Lumbricoides atau cacing gelang adalah jenis cacing yang disebut-sebut dapat meningkatkan kesuburan perempuan. Bagaimana bisa? Ini penjelasan ilmiah lebih lengkap, seperti yang dilansir oleh BBC soal dampak terinfeksi cacing gelang untuk kesuburan perempuan.

Baca: 8 Posisi Bercinta Terbaik Agar Cepat Hamil

Terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Science yang mengatakan bahwa cacing bisa mengubah sistem kekebalan tubuh manusia untuk meningkatkan peluang kehamilan. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 986 perempuan di Bolivia tersebut akhirnya berujung pada niat untuk menciptakan obat kesuburan para perempuan.

Menariknya lagi, penelitian juga mengungkapkan jika perempuan yang terinfeksi cacing gelang dapat memiliki anak lebih dari dua dibanding mereka yang terinfeksi.

Baca: 7 Terapi Diet Kesuburan Agar Cepat Hamil

Entah benar atau tidak, para perempuan Tsimane, masyarakat asli Bolivia, rata-rata memiliki sembilan anak dengan pembuktian jika 70 persen dari perempuan tersebut terinfeksi cacing gelang.

Meski begitu, anggapan cacing gelang dapat menyuburkan perempuan diklaim masih terlalu dini. Apalagi dengan menempatkan pemikiran bila terinfeksi cacing gelang akan membuat perempuan cepat hamil.

Baca: Ingin Cepat Hamil? Berhubungan Badan Dua Hari Sekali

“Ini merupakan temuan yang menarik. Tapi, masih banyak faktor yang harus dibuktikan sebelum memutuskan merekomendasikan alternatif pengobatan kesuburan perempuan ini ke masyarakat,” ujar Prof. Aaron Blackwell, seorang peneliti dari University of Carolina Santa Barara pada BBC.

Lebih lanjut, Aaron juga berpendapat bahwa efek dari terinfeksi cacing akan sangat tidak terduga. Pasalnya, sistem imum perempuan secara alamiah berubah selama masa kehamilan sehingga mereka tidak mampu menolak perkembangan janin. Aaron justru mengkhawatirkan respon berbeda dari tiap perempuan, apakah akan lebih meningkat kesuburan atau sebaliknya.

Komentar yang sama juga diutarakan oleh Prof. Allan Pacey, seorang ahli kesuburan dari Universitas of Sheffield. Pada BBC, Prof. Allan mengatakan bahwa ia belum ingin merekomendasikan temuan penelitian ini ke masyarakat.